2.381 Hektar Sawah Gagal Panen – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

2.381 Hektar Sawah Gagal Panen

FAJARONLINE, BULUKUMBA – Musim kemarau yang melanda wilayah Kabupaten Bulukumba empat bulan terakhir mengakibatkan 2.381 hektar sawah mengalami kekeringan. Akibatnya, petani terancam gagal panen tahun ini.

Jumlah tersebut sesuai data yang dilakukan dinas pertanian dan holtikultura dengan melakukan peninjauan dan laporan dari kelompok tani.

Kepala Dinas Pertanian dan Hultikultura Bulukumba, Harun, mengungkapkan, pihaknya sudah memberikan bantuan mesin pompa air ke petani. Bahkan, bantuan ini diharapkan menjadi solusi atas masalah kekeringan yang sedang melanda petani sawah disepuluh kecamatan berbeda. “Ribuan hektar sawah mengalami kekeringan. Tapi, saya yakin bisa diatasi,” ujarnya.

Umur padi yang mengalami kekeringan ini cukup bervariasi, mulai dari dua hingga tiga bulan. Meski kekeringan, lanjut Harun, ini dianggap tidak menjadi masalah baginya. Pihaknya menyakini mampu menutupi kekurangan air, sebab bantuan mesin sudah serahkan ke setiap kelompok tani masing-masing. Tinggal kata dia, petani memanfaatkan dengan baik agar tetap panen. “Hari ini (kemarin, red) kita kumpulkan semua kelompok tani. Ini sudah kehendak alam. Mau diapa?. Kami tetap berusaha membantu,” ungkapnya.

Agus, Salah seorang kelompok tani membenarkan kekeringan yang melanda ribuan hektar sawah di daerah ini. Kata dia, kalau hujan tak segera turun maka luas kekeringan sawah akan semakin bertambah.
Menurutnya, bantuan dengan mesin air diyakini tidak mampu menutupi, karena hampir semua genangan mengalami kekeringan. Petani tinggal berharap hujan turun saja. Pompa yang diberikan tersebut juga diyakini hanya bersifat sementara.  “Kalau gagal panen, maka petani akan merugi. Biaya yang dikeluarkan besar,” katanya. (taq/wik)

Click to comment
To Top