Didukung Tokoh Islam, 80 Ribu Peserta Daftar Parade Tauhid – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Didukung Tokoh Islam, 80 Ribu Peserta Daftar Parade Tauhid

JAKARTA – Para tokoh Islam dan sejumlah pimpinan Ormas Islam punya cara sendiri untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI. Bagi mereka, hal yang paling esensi untuk mengisi kemerdekaan ke-70 RI kali ini adalah persatuan bagi ummat Islam di atas pondasi tauhid. Jika ummat Islam bersatu, bangsa dan negara dipastikan maju sebagaimana semangat para pejuang merebut kemerdekaan bangsa Indonesia.

Salah satu upaya menghimpun semangat untuk menyatukan ummat untuk kemajuan bangsa adalah pelaksanaan Parade Tauhid Indonesia yang akan digelar dari Senayan ke HI, Jakarta, Ahad, 16 Agustus 2015. Di mata para tokoh, tauhid adalah pemersatu bangsa sehingga Parade Tauhid ini dipandang sebagai wadah bagi ummat untuk bersatu kembali.

Juru bicara Parade Tauhid Indonesia Ustadz Hany Kristianto mengatakan, peserta Parade Tauhid yang sudah mendaftar pada web resmi panitia sudah mencapai 80.000 orang dan diharapkan pada hari H akan membludak hingga 200.000 orang.

Ustadz Hany menjelaskan bahwa Parade Tauhid bukan parade politik dan tidak ada kaitannya dengan politik. “Acara dimulai pukul 07.00 dari Pintu 7 dimulai dengan orasi para ulama dan tokoh Nasional untuk memberikan orasi kepada jamaahnya, kemudian dilanjutkan dengan parade dengan membentangkan spanduk Tauhid sepanjang 3 Km,” ujarnya.

Kegiatan yang dimotori oleh koalisi ormas Islam ini pun mendapat dukungan luas khususnya para tokoh dan pimpinan simpul massa Islam. Mulai dari Ketua Umum MUI Din Syamsudin, Ketua MUI KH Cholil Ridwan, pimpinan Majelis Adz-Dzikra Ustadz Arifin Ilham, pimpinan AQL Islamic Center, dan berbagai kalangan ulama muda dan intelektual Islam.

Rais Aam Syuriah PBNU KH Ma’ruf Amin, Pendiri ESQ Ary Ginanjar Agustian, Pakar Keuangan Islam Syafii Antonio, budayawan Abdurrahman Elsyirazi, motivator muda Ippo Santosa, hingga mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD dan Hamdan Zoelva juga turut memberikan dukungan. Bahkan mereka ikut mengajak ummat Islam di Jakarta dan sekitarnya agar terlibat dalam Parade Tauhid Indonesia.

Ketua Panitia Parade Tauhid Indonesia (PTI) Ustadz Haikal Hassan Baras mengatakan bahwa parade ini adalah panggilan nurani umat Islam. Karena itu banyak tokoh Islam mendukung acara ini. “Tidakkah sebuah keindahan semua ormas, semua potensi, semua ulama, para guru berada disatu panggung berkomitmen memajukan politik Islam, budaya Islam dan ekonomi Islam?” kata Ustadz Haikal.

Lebih lanjut, Haikal Hassan mengatakan bahwa adalah kewajiban setiap pribadi Muslim untuk memajukan politik Islam, budaya Islam dan ekonomi Islam dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Disitulah muara Parade Tauhid ini diadakan dengan mengambil tema mensyukuri nikmat kemerdekaan dan sekaligus halal bilhalal akbar sebagai budaya bangsa Indonesia sejak dulu,” pungkasnya.

Menurut dia, sudah ada Parade Tauhid pertama 616 Masehi tatkala Umar bin Khaththab Radhiallahu  ‘Anhu telah memeluk agama Islam dan disambut takbir oleh kaum Muslimin pada waktu itu. (rls)

loading...
Click to comment
To Top