Dipuji Jokowi, Ini Komentar DPD RI – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Politik

Dipuji Jokowi, Ini Komentar DPD RI

JAKARTA – Apresiasi yang disampaikan oleh Presiden Jokowi terhadap kinerja DPD merupakan bukti nyata efektifitas DPD sebagai kanalisasi penyalur aspirasi dan kepentingan pembangunan daerah. Lahirnya beberapa UU seperti UU Nomor 32 Tahun 2014 tentang Kelautan dan UU Nomor 13 tahun 2012 tentang keistimewaan daerah Istimewa Yogyakarta merupakan inisiatif DPD RI.

Ke depannya DPD RI juga berupaya untuk mendorong perumusan RUU tentang Wawasan Nusantara yang sekarang sudah masuk prolegnas 2015. selain itu, DPD selama ini sudah aktif menjalin kerja sama bilateral maupun multilateral untuk penguatan kinerja dan menghimpun rekomendasi dari berbagai pihak. Hal ini penting dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap daerah dan menunjang kemajuan daerah.

Selain itu, trisakti dan nawa cita yang dihembuskan oleh Presiden pada masa kampanye dulunya harus menjadi ruh dan spirit bagi kejahteraan masyarakat. Momentum peringatan hari kemerdekaan Indonesia nanti tidak boleh hanya diperingati secara formalitas. Pidato presiden jangan juga normatif, namun harus lebih substansial untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Hal terpenting yang menjadi sorotan dalam pidato Presiden adalah mengenai banyaknya persoalan pangan yang terjadi di Indonesia. Banyaknya persoalan pangan yang terjadi tidak bisa hanya diungkapkan dalam pidato kenegaraan. Segala macam persoalan pangan yang terjadi, harus dicarikan jalan keluar yang progresif dan sistematis dari pemerintah. Persoalan pangan dan pertanian merupakan sentral isu yang langsung berdampak kepada masyarakat kecil.

Oleh sebab itu pemerintah harus menyelesaikan segala permasalahan tersebut dengan cepat. Pidato presiden mengenai persoalan yang langsung berdampak kepada masyarakat seperti masalah pertanian dan pangan tidak boleh normatif dan retorika semata. Penyampaian pidato yang normatif dan terkesan retoris tersebut harus di follow up oleh seluruh lembaga negara yang berkaitan dengan masalah tersebut.

Untuk itu, Komite II DPD RI akan mendorong dan siap berkoordinasi dengan pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Selain itu, ajakan untuk bersinergi antar lembaga negara yang ditekankan oleh Presiden Jokowi, diharapkan juga menjadi perhatian serius bagi kabinet kerja Jokowi.

“DPD mengharapkan kabinet kerja Jokowi mampu bersinergi dengan DPD sebagai penyalur aspirasi masyarakat di daerah. Terkait dengan masalah krisis pangan, presiden juga harus memerintahkan kementerian terkait agar bersinergi dengan komite II DPD RI,” kata anggota DPD RI asal Sumatera Barat, Nofi Candra. (rls)

To Top