Gagal Panen, Bupati Pasrah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Gagal Panen, Bupati Pasrah

FAJARONLINE, BULUKUMBA — Bupati Bulukumba, Zainuddin Hasan, mengaku pasrah terhadap kemungkinan ratusan hektar sawah yang gagal panen, karena kekeringan tahun ini. Musim kemarau yang berkepanjangan merupakan ketentuan sang maha kuasa, bukan berdasarkan kemauan manusia.

Sedangkan, luas sawah yang mengalami kekeringan sudah mencapai 2.381 hektar yang berada disepuluh kecamatan berbeda. Bahkan, kegagalan ini menyebabkan petani merugi hingga miliaran rupiah. Sejumlah anggaran dikeluarkan guna biaya pemeliharaannya. “Mau diapa. Ini karena faktor alam, bukan kemauan kami. Kalau saya mau hujan segera turun. Sawah petani sudah kekeringan,” ujar Zainuddin.

Menurut dia, pihaknya sudah memerintahkan kepada instansi yang menangani supaya segera memberikan bantuan mesin pompa bagi petani. Bantuan ini diharapkan mampu mengatasi kekeringan yang sedang melanda wilayah ini. Sebab, hujan yang diharapkan belum juga turun sampai sekarang. Meski diakui kalau kekeringan ini karena faktor alam, tidak ada yang bisa mengubahnya. “Iya, kami sudah perintahkan. Kelompok tani harus dibantu mesin pompa untuk sawahnya,” jelasnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bulukumba, Andi Bau Amal, mengaku, kalau bantuan kepada kelompok tani sudah diserahkan, meski sawah yang mengalami kekeringan tak terlalu besar jumlah sebenarnya. Hanya menurut dia, paling berkisar 200 hektar yang gagal panen saja, karena kekeringan ini memang sudah menjadi faktor alam. Warga tidak bisa mengubahnya, tinggal menunggu hujan segera turun. “Ada yang gagal. Tapi, itu tidak terlalu besar, paling berapa hektar saja,” kata dia.(taq/aci)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top