Irman Gusman: Pembangunan di Indonesia Tidak Merata – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Irman Gusman: Pembangunan di Indonesia Tidak Merata

JAKARTA – Saat ini di beberapa wilayah Indonesia masih belum dapat merasakan pembangunan yang merata. Masih terdapat kesenjangan antar daerah bahkan di daerah kawasan timur masih mempunyai angka kemiskinan yang cukup tinggi. Hal tersebut dapat di temui di kawasan timur Indonesia, dimana dari 183 kabupaten daerah tertinggal, sekitar 80 persen terdapat di kawasan tersebut.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPD RI, Irman Gusman, saat menyampaikan pidato pembukaan Sidang Bersama DPR RI – DPR RI mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia Dalam Rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Ke 70 Republik Indonesia di Gedung Nusantara hari ini (14/8).

Irman Gusman mengatakan bahwa permasalahan pembangunan daerah yang tidak merata tersebut saat ini menjadi tantangan Pemerintah dan bangsa Indonesia. Pembangunan harus terjadi di seluruh wilayah Indonesia, dan dapat dinikmati oleh semua masyarakat Indonesia dan tidak hanya terfokus pada satu wilayah tertentu saja.

“Lebih separuh produksi nasional kita dihasilkan di Pulau Jawa, 20 persen lebih di Sumatera, dan kurang dari seperempat yang dihasilkan oleh kawasan timur yang lebih luas. Karena itu, tidaklah mengherankan bila kawasan timur Indonesia hingga saat ini masih tetap tinggi angka kemiskinannya, dimana dari 183 kabupaten daerah tertinggal, sekitar 80 persen terdapat di kawasan tersebut,” ujarnya.

Oleh karena itu, Irman Gusman menekankan untuk dapat menciptakan percepatan pembangunan yang merata, dibutuhkan partisipasi dari semua pihak, tidak hanya mengandalkan pemerintah pusat saja melalui APBN, tetapi juga keaktifan dari pemerintah daerah dan masyarakat.

Masih menurut Irman, untuk dapat mempercepat pembangunan di daerah, adanya partisipasi masyarakat harus lebih banyak dilibatkan untuk membangun infrastruktur di daerah dan dengan adanya kerjasama antara pemerintah daerah dengan perusahaan swasta sebagai investor untuk pembangunan infrastruktur daerah. Tantangan bangsa kita ini adalah bagaimana merajut kebersamaan, membangun persatuan antar masyarakat, saling mempercayai satu sama lain, jangan saling meniadakan. Sehingga energi positif ini akan sangat penting untuk mendorong pembangunan dalam segala sektor.

“DPD RI akan mendorong percepatan pembangunan di daerah. DPD RI juga akan berkoordinasi dan mendorong pemerintah daerah agar mereka aktif dalam membangun kerjasama dengan perusahaan swasta sebagai investor dalam pembangunan infrastruktur di daerah, supaya pembangunannya tidak hanya tergantung kepada APBN semata,” ujar Irman Gusman yang juga Senator dari Provinsi Sumatera Barat ini.

Saat disinggung peranan DPD RI dalam upaya mewujudkan pembangunan daerah yang merata, Irman Gusman menjelaskan bahwa DPD RI merupakan lembaga legislatif yang akan bekerjasama dengan DPR dan Pemerintah. DPD RI akan bekerja dalam melaksanakan fungsinya baik dalam memberikan pertimbangan maupun pengawasan dalam pelaksanaan pembangunan yang dicanangkan oleh Pemerintah.

“Sebagai perwakilan dari setiap provinsi di Indonesia, setiap anggota DPD RI akan melaksanakan tugas untuk membuat kebijakan dalam mewujudkan pembangunan. Kebijakan tersebut berbasiskan pembangunan daerah, perbatasan, ataupun desa tertinggal. Itu lebih dipriorritaskan sehingga pembangunan kita dapat dirasakan seluruh bangsa Indonesia, tidak hanya segelintir orang saja,” kata Irman Gusman saat wawancara secara terpisah. (rls)

loading...
Click to comment
To Top