PNS Nakal di Pilkada Langsung Dilapor Kemenpan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

PNS Nakal di Pilkada Langsung Dilapor Kemenpan

FAJARONLINE, MAROS Jelang penetapan resmi calon bupati dan wakil bupati Maros, Panwaslu menghimbau PNS memahami aturan-aturan terkait netralitas korps pada tahapan-tahapan Pilkada. Jika masih ada yang melanggar, PNS nakal bakan langsung dilaporkan pada Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara (Kemenpan).
Hal tersebut disampaikan Komisioner Panwaslu Bidang Pengawasan, Satryawan. Panwaslu tidak ingin perbedaan persepsi menjadi alasan bagi PNS yang terbukti melakukan pelanggaran. Dirinya berharap setelah KPU secara resmi menetapkan calon bupati. mulai 24 Agustus mendatang, PNS berhati-hati dalam mengekspresikan dukungan terhadap salah satu kandidat.
“PNS harus netral, segala bentuk dukungan seperti partisipasi pada kampanye, memasang status bahkan menempel stiker atau pin bernada dukungan akan kami tindak. Baik itu merupakan temuan kami atau laporan warga,” tegasnya.
Satryawan mencontohkan, pada tahun 2010 lalu, Panwaslu menemukan oknum PNS dengan stiker mendukung kandidat tertentu di sepeda motornya. Motor dinas tersebut langsung disita. “Hal-hal seperti itu yang kami wanti-wanti kepada PNS. Banyak hal yang bisa jadi indikasi pelanggaran,” ujarnya.
Kepala BKDD Maros Arwin Malik menyatakan dukungannya terhadap langkah-langkah Panwaslu dalam mewujudkan Pilkada tanpa keberpihakan PNS. ‎”Kami mendukung upaya Panwaslu ikut memperingatkan PNS agar tetap netral, namun terkait laporan langsung ke Kemenpan, itu masih akan kami lihat regulasinya,” jelas Arwin.
Pada lain hal, tiga hari setelah penetapan, Panwaslu bakal membersihkan baliho-baliho yang tersebar di seantero Maros, khusus di tempat-tempat umum. Baliho yang dipasang calon kemudian harus sesuai dengan nomor urut dan dipasang ditempat-tempat yang ditetapkan KPU. (ris/wik)
loading...
Click to comment
To Top