Setelah 450 Tahun, HUT Majene Akhirnya Ditetapkan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Setelah 450 Tahun, HUT Majene Akhirnya Ditetapkan

FAJARONLINE, MAKASSAR--Untuk kali pertama Kabupaten Majene memperingati hari jadinya. Pemerintah Kabupaten Majene menetapkan hari Jadi Majene pada 15 Agustus 1545, Tahun 2015 ini usianya yang ke-470.

Penetapan ini ditetapkan secara resmi dalam rapat paripurna istimewa DPRD Majene, di Halaman Masjid Agung Majene, Sabtu, 15 Agustus.

Rapat paripurna terbuka itu dipimpin oleh Ketua DPRD Majene, Darmasyah, dihadiri oleh Bupati Majene, Kalma Katta, Wakil Bupati Majene, Fahmi Massiara, juga Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh, Wakil Gubernur, Aladin S Mengga, Bupati se-Sulbar, dan pejabat dilingkup Majene, serta tokoh masyarakat, budayawan, juga serajawan.

Darmasyah bilang penentuan hari Majene berdasar pada abad ke-15, sebab pada masa itu Majene, menemukan puncak kejayaannya, sehingga dijadikan penetapan hari jadi Majene.

Juga penguatan di abad ke-15 atau pada tahun 1545, Majene telah mengenal tata pemerintahan modern bisa memenuhi syarat ilmiah. “Juga saat itu sudah pupuler di mana-mana termasuk di kerajaan Gowa,” ungkap Darmansyah.

Hal lain menurut Darmansyah, kepemimpinan masyarakat Majene modern juga terjadi pada abad ke-15 sangat erat hubungannya dengan peradaban dan kebudayaan Islam.

“Begitu pun menyangkut tanggal 15 sendiri pilih Majene telah ditetapkan ibu kota Afdeling Mandar, persekutuan daerah Tanah Mandar, Polmas, Majene, dan Mamuju, sedangkan Agustus juga diploklamirkan bangsa Indonesia,” katanya.
(ham)

loading...
To Top