Air PDAM Berkurang 10 Liter Perdetik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Air PDAM Berkurang 10 Liter Perdetik

FAJARONLINE, BULUKUMBA – Suplai air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bulukumba, ke pelanggan mulai berkurang sampai sepuluh liter perdetik. Kekurangan ini disebabkan air yg berasal dari bendungan Barabba berkurang, karena kekeringan melanda wilayah ini beberapa bulan terakhir.

Perusahaan terpaksa harus membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) sebagai solusi untuk mensuplai terhadap ketersedian air bersih ke warga. Sebab, kekeringan yang dipastikan masih berlangsung ahingga beberapa hari kedepan berdampak pada kekeringan air bersih.

“Bendungan air di Barabba mulai berkurang. Makanya, suplai air ke warga sedikit mengalami pengurangan, dibanding sebelumnya,” kata Direktur PDAM Bulukumba, Syamsuri, Minggu 16 Agustus.

Menurutnya, menghadapi kekeringan panjang yang diyakini masih berlangsung hingga pertengahan Agustus mendatang, membuat perusahaan terpaksa melakukan pembendungan air pembuangan lewat pembangunan IPAL dari bantuan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp6,4 miliar. Meski bendungan yang berada di Na’na, dan desa Bontonyeleng masih aman. “Kami hanya bangunanya. Tapi masalah anggaran semua pusat. Kami hanya mengusulkan dananya,” jelasnya.

Selain bendungan di Barabba, lanjut Syamsuri, seluruh suplai air disepuluh kecamatan di Bulukumba, semuanya aman dan bisa mensuplai air bersih ke pelanggan. Namun, diakui jika memang ada pengurangan air karena kekeringan yang sedang melanda daerah Bulukumba. Hanya, pembangunan IPAL diharapkan menjadi solusinya. “Semua bendungan aman. Hanya di Barabba saja yang kurang. Makanya, suplai air kurang sampai 10 liter perdetik,” tambahnya. (taq)

To Top