Berkaca dari AS, Harusnya RS Siapkan Ustad Sebagai Pendamping Spritual – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Berkaca dari AS, Harusnya RS Siapkan Ustad Sebagai Pendamping Spritual

MAKASSAR – Ada yang kurang dari sistem perawatan di Rumah Sakit (RS), yaitu pendamping khusus yang menangani pasien dalam menjalani pengobatan maupun dalam kondisi kritis. Hal ini berbeda dengan di Amerika Serikat (AS) misalnya, sudah ada pendamping khusus yang memberikan pencerahan kepada pasien.

Demikian yang disampaikan pendamping spritual Stanford Hospital USA, Mr Kamal Abu Shamsieh saat jadi pembicara dalam workshoop di Federation of Islamic Medical Association (FIMA) di Hotel Clarion, Sabtu (15/8). Menurutnya, peran pendamping spiritual lebih pada untuk mengetahu kebutuhan utama pasien.

“Kita tidak boleh langsung bertanya apakah pasien itu salat atau tidak. Namun kita harus tanyakan dulu apa keluhannya dan bagaimana kesehariannya, sehinngga pasien akan lebih terbuka,” ujar Kamal.

Begitupun ketika menghadapi keluarga yang tiba-tiba ingin memmbawa pasien pulang dengan alasan tidak bisa lagi sembuh. Seorang ustaz harus bisa mendekatinya dengan berbicara kepadanya dari hati ke hati.

“Dalam menjalankan tugasnya seorang ustaz harus bisa berkordinasi dengan dokter atau perawat yang menangani pasien tersebut. Hal ini penting karena kerjasama dengan tenaga medis akan membantu proses penyembuhan pasien,” ungkapnya.

Ustaz Ishaq Shamad yang turut hadir dalam workshop tersebut mengatakan, peranan ustaz sangatlah diperlukan bagi pasien. Hanya saja di Indonesia utamanya Makassar ustaz hanya berperan parsial atau lebih ketika pasien sudah sakratul maut.

“Harusnya ada tim khusus seperti di Amerika dan Malaysia. Di sana ustaz diperbantukan dalam penanganan pasien lebih banyak dan ada tim khususnya,” ujar Sekertaris Umum IMMIM ini.(mp8/iad)

Click to comment
To Top