Enam Napi Bebas Setelah Dapat Remisi HUT RI – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Enam Napi Bebas Setelah Dapat Remisi HUT RI

FAJARONLINE, PAREPARE — Para narapidana yang mendakam di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Kota Parepare tengah berbahagiaj. Pasalnya, mereka mendapatkan remisi bertepatan dengan perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-70, Senin, 17 Agustus.

Dari 147 warga binaan atau napi yang berada di Lapas Kelas II Parapere, sebanyak 139 orang yang diusulan dapat remisi dan enam napi akan langsung bebas di HUT RI ke-70 tahun.

Kepala Seksi Bimbingan Napi/Anak Didik dan Kegiatan Kerja (Binadik dan Giatja) Lapas Kelas II B Kota Parepare, Abdillah mengatakan, pengusulan remisi yang diajukan dalam rangka HUT Proklamasi kemerdekaan RI tersebut adalah remisi umum dan dasawarsa.

“Napi di Parepare dapat remisi, sebab Kementerian Hukum dan HAM kembali melaksanakan pemberian remisi satu dasawarsa (setiap 10 tahun) perayaan HUT Proklamasi selain remisi umum,” jelasnya, Minggu, 16 Agustus.

Dia menyebutkan, sebanyak 147 warga binaan Lapas Kelas II B tersebut, tidak semuanya ditetapkan sebagai narapidana karena masih berstatus tahanan yang dititip yang sementara mejalani tuntutan, pengajuan banding dan kasasi.

“Jumlah napi yang diusulkan untuk mendapat remisi umum dan dasawarsa, diantaranya untuk napi kasus umum dan napi jenis pidana kasus narkoba,” ujarnya.

Dia menambahkan, pengusulan remisi umum dan dasawarsa dalam peringatan HUT RI, ada enam orang napi yang lansung bebas atau habis masa tahanannya setelah mendapat pengurangan masa tahanan yang di jatuhkan sebelumnya. (Syl)

loading...
Click to comment
To Top