Ini Bakul Nasi Raksasa Ala Mandar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Ini Bakul Nasi Raksasa Ala Mandar

FAJARIONLINE, POLEWALI – Ekspresi masyarakat terhadap hari Proklamasi RI ke-70 tumpah riah di beberapa i daerah. Begitu pun dengan masyarakat Mandar di Sulawesi Barat, Minggu 16 Agustus.

Masyarakat manfaatkan momen itu untuk berkreasi. Di Desa Pambusuang Kecamatan Balanipa, Polman misalnya, masyarakatnya  mendekor becak dengan segala rupa.  Salahnya satunya, yang menyedot perhatian becak didesain dengan bakul nasi raksasa diatasnya, tingginya sekira lima meter. Lengkap dengan tulisannya, terpampang “Nasi sebagai sumber karbohidrat adalah zat tenaga di dalam tubuh kita,”. Desain lain, becak juga didesain nama buah-buahan. Becaknya diriasi dengan buah pepayah sudah dibelah.

Tak hanya itu, becak yang ditumpangi murid tanam kanak-kanak (TK) dan pendidikan anak usia dini (PAUD) meramaikan. Murid-murid pun didandani dengan baju adat Mandar. “Yang ikut cukup ramai, ada lima puluhan kayaknya yang lewat,” ujar Ridwan salah warga yang menonton parade itu.

Lokasi berbeda di Kecamatan Mapilli, Polman, ratusan becak juga dihiasi, lalu diarak keliling kampung, warga pun tumpah ruah menyaksikan parade itu. Salah satu panitia Adil mengaku jika helatan itu dilaksanakan tiap menyambut hari kemerdekaan RI 17 Agustus. (ham)

loading...
Click to comment
To Top