Legislator Desak Bupati Kerjakan Bendungan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Legislator Desak Bupati Kerjakan Bendungan

FAJARONLINE, BULUKUMBA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba menagih janji kepada bupati, Zainuddin Hasan, terhadap rencana akan pembangunan bendungan yang tak kunjung dibuktikan di desa Benteng Malewang, Kecamatan Gantarang. Pembangunan bendungan ini perlu dilakukan guna mengantisipasi kekeringan tahun selanjutnya. Ia mendesak hal ini secepatnya diselesaikan sebelum mSa bakti Bupati berakhir pada 9 novembermendatang.

“Ini yang sangat mendesak. Kita ingin bisa diselesaikan tahun ini,” kata Ketua Komisi B DPRD Bulukumba, Andi Tenri Allang, minggu 16 Agustus.

Ia mengatakan, pihaknya menginginkan supaya janji bupati ini tetap direlisasikan, karena keberandaan bendungan sangat perlukan bagi warga setempat. Apalagi, musim kemarau yng sedang melanda wilayah Bulukumba membutuhkan air guna mengairi sawah mereka.

“Kalau tidak segera diantisipasi maka dipastikan terjadi gagal panen. Pemkab harus memikirkan masalah yang dihadapi dengan mencari solusinya,” ucapnya.

Ia menyebutkan, dirinya bersama pemkab sudah turun melakukan survey lokasi tersebut, tetapi hanya sampai sekarang belum juga ada tanda-tanda bakal segera dibangun. Dia beralasan belum dibangun karena masalah kondisi tanah yang labil, dan berbahaya.

“Seharusnya pemkab cukup dia memindahkan saja, bukan membatalkan pembangunanya, ada banyak lokasi lain yang layak diwilayah ini,” harapnya.

Diluar bendungan, lanjut Tenri, pihaknya mendorong supaya pemerintah memperbanyak pembangunan sumur bor. Perlu dilakukan bertujuan mengantisipasi kekeringan tahun berikutnnya. Sebab, kata dia, tidak menutup kemungkinan akan terulang seperti yang terjadi sekarang, kalau dibiarkan tanpa ada antisipasi maka menyulitkan warga, khususnya petani sawah.

Meski kekurangan air juga terjadi pada kebutuhan air bersih bagi warga, sumur sudah mengalami kekeringan. “Harus ditinjau kembali. Sumur bor juga perlu ada. Perlu tambahan lagi. Biar warga tidak mengalami lagi kekerungan air. Ini kebutuhan pokok,” jelasnya.

Desakan ini diakui setelah banyak kelompok tani yang mengeluhkan hal ini kepada dirinya. Sebagai wakil rakyat, secara otomatis hal ini akan ia suarakan. (taq)

 

To Top