34 Napi Terima Remisi Bebas – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

34 Napi Terima Remisi Bebas

FAJARONLINE, SUNGGUMINASA  –  Sedikitnya 34 narapidana kasus narkoba terdiri atas delapan wanita dan 26 pria mendapat remisi pembebasan sebagai berkah peringatan HUT ke-70 Kemerdekaan Indonesia di Gowa, Senin 17 Agustus.  Pemberian remisi bebas berlangsung di lapas Narkoba Bolangi Kecamatan Pattallassang.

Pemberian remisi disampaikan Kepala Lapas Wanita, Rafni Trikoriaty Irianta. “Hari kemerdekaa  sekaligus menjadi momentum beberapa warga binaan yang memenuhi persyaratan mendapatkan remisi. Untuk lapas Wanita sebanyak 8 orang dan lapas narkoba 26 orang. Remisi tahun ini berupa umum dan dasawarsa. Mereka yang mendapatkan remisi mereka yang berkelakuan baik selama dalam proses binaan.” ujarnya di depan pelaksana harian Bupati Gowa, H Muchlis.

Kapasitas lapas wanita 268 orang. Namun saat ini terisi 141 warga binaan terdiri atas napi 131 orang dan tahanan 10 orang. Mereka yang mendapat remisi umum I sebanyak 92 orang dan II sebanyak lima orang. Juga terdapat 87 warga binaan yang mendapatkan gemisi dasawarsa I dan 3 remisi dasawarsa II.

Plh Bupati Gowa  berpesan pada warga binaan,  terutama yang mendapatkan remisi bebas untuk tidak kembali lagi ke lapas. “Saya berharap warga binaan yang mendapatkan remisi bebas tidak kembali lagi ke tempat ini sebagai warga binaan lagi.

Boleh datang ke sini, tapi hanya mengunjungi teman memberi motivasi kembali ke jalan yang benar. Filosofi daerah Pattallassang tempat lapas ini berada salah satunya warga binaan lahir kembali memiliki kehidupan baru,” harap Sekretaris Kabuoaten (Sekkab) Gowa tersebut.

Lapas narkoba sebenarnya berkapasitas 368 orang. Namun saat ini berisikan tahanan 562  orang. Mereka yang memperoleh remisi umum I sebanyak 210 orang dan remisi umum II 12 orang. Kemudian remisi dasawarsa I sebanyak 219 orang dan remisi dasawarsa II sebanyak 14 orang.  (jai)

loading...
Click to comment
To Top