Ini Cara Mentan Amran Cek Lahan Pertanian-Stok Sapi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Ini Cara Mentan Amran Cek Lahan Pertanian-Stok Sapi

FAJARONLINE, MAKASSAR — Dalam beberapa pekan terakhir, Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman mengaku tidak bisa tidur nyenyak. Ancaman kekeringan yang dialami sebagian daerah pertanian di tanah air memaksanya berpikir keras mencari solusi. Apalagi Oktober mendatang, musim tanam bagi petani dimulai. Makanya, Mentan meminta seluruh pejabat Kementan segera turun lapangan. Dia menginstruksikan kalau perlu pejabatnya menginap hingga dua bulan di daerah bencana. “Saya minta semua turun ke lapangan sesuai daerah masing-masing. Dengarkan keluhan petani dan segera laporkan,” ujar Amran melalui rilis Kementan, Senin 17 Agustus.

Dia juga meminta para pejabat lebih memperhatikan serapan anggaran pertanian di daerah, ketimbang urusan sarapan pribadi masing-masing. Sejak menjabat menteri sepuluh bulan lebih, pria kelahiran Bone, April 1968 itu telah melakukan blusukan ke 300 kabupaten/kota dari Aceh sampai Papua.

Saking banyaknya daerah yang mesti dikunjungi, Amran kerap hanya menyempatkan beberapa menit di lokasi tersebut. Seperti saat mengunjungi Berau, Kaltim, Rabu 12 Agustus lalu, dia hanya 10 menit di lokasi namun mendapat sambutan dan apresiasi luar biasa dari petani. Pada Jumat 14 Agustus lalu, di tengah pidato presiden Jokowi soal RUU APBN 2016 di Gedung DPR RI, Amran justru melakukan sidak ke sentra beras Cianjur, Jawa Barat yang tengah mengalami kekeringan.

Dia juga mengunjungi tempat penggemukan sapi (feedloter) PT Tanjung Unggul Mandiri di Teluk Naga, Tangerang dan mendapati kesediaan stok 21.000 ekor sapi. Selanjutnya ke feedloter milik PT Pasir Tengah di Cikalong, mendapai stok 13.000 ekor sapi. Kepada pemilik feedloter, Amran berharap harga bobot hidup daging sapi dari kisaran Rp40.000-Rp42.000/kg ke harga Rp38.000/kg. “Kita sengaja turun ke lapangan mengecek langsung kondisi pertanian, dan stok rril feedloter,” bebernya. (nur)

loading...
Click to comment
To Top