Mulai Hari ini Transjakarta Ubah Rute – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Mulai Hari ini Transjakarta Ubah Rute

JAKARTA – Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Antonius NS Kosasih menyatakan, ada modifikasi pada beberapa rute bus Transjakarta dari pukul 05.30-12.30 WIB dan pukul 14.00-19.00 WIB. Selain itu, akan dilakukan berbagai penyesuaian situasional didasarkan kondisi lalu lintas, terutama di seputaran Istana Negara dan Monas.

Langkah itu dilakukan sehubungan dengan pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-70 RI yang berlangsung di Istana Negara pada Senin (17/8).

“Beberapa ruas jalan di sekitar Istana Negara digunakan untuk acara peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI ke-70, antara lain Jalan Veteran, Medan Merdeka Barat, Medan Merdeka Timur dan di sekitar stasiun Gambir,” ‎kata Kosasih di Jakarta, Minggu (16/8).

‎Kosasih menjelaskan, Halte Monas tidak beroperasi pada 05.30-12.30 WIB dan pukul 14.00-19.00 WIB. ‎Untuk pengalihan rute pada Koridor 1 adalah dari Blok M hingga Patung Kuda normal, kemudian belok kiri -Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis – Halte Harmoni dan seterusnya hingga Halte Kota.

“Sebaliknya pengaliah rute Kota-Blok M‎ adalah dari Halte Kota hingga Halte Harmoni normal, kemudian belok kiri-Jalan Juanda-Pasar Baru-Lapangan Banteng-Patung Tugu Tani- Jalan Medan Merdeka Selatan kemudian belok kiri ke Halte Bank Indonesia dan seterusnya hingga Halte Blok M,” ucap Kosasih.

Pada Koridor 2, Halte Rumah Sakit Angkatan Darat, Halte Deplu, Halte Monas, Halte Balai Kota, Halte Gambir 1 dan 2, dan Halte Istiqlal tidak beroperasi pada jam-jam di atas. Kosasih menjelaskan, pengalihan rute Pulogadung-Harmoni.

“Halte Pulogadung hingga Halte Senen normal-kemudian belok kanan ke koridor 5-Jalan Gunung Sahari-Traffic Light Golden Truly belok kiri-Jalan Sawah Besar-dan seterusnya hingga Halte Harmoni,” ujar Kosasih.

Sementara dari Rute Harmoni-Pulogadung, Kosasih menyatakan, Halte Harmoni-Traffic Light Harmoni belok kiri-Halte Pecenongan-Halte Juanda-Pasar Baru-Traffic Light Armada Barat TNI Angkatan Laut-belok kanan jalan Gunung Sahari-Jalan Pasar Senen belok kiri-masuk kembali ke Koridor 2 hingga Halte Pulogadung.

Kosasih mengungkapkan, rute di Koridor 3 diperpendek. Awalnya Kalideres-Harmoni-Pasar Baru. Kemudian diubah menjadi Kalideres-Harmoni-berputar di Traffic Light Pos Polisi Harmoni kemudian kembali ke Kalideres.‎

Perpendekan rute juga terjadi di Koridor 6 dan 8. Di Koridor 6 awalnya rutenya adalah Ragunan-Monas, kini hanya melayani Ragunan-Dukuh Atas‎. Sementara di Koridor 8, rute awalnya adalah Lebak Bulus-Harmoni-Pecenongan-Juanda.

“Diubah menjadi dari Lebak Bulus berputar di Traffic Light Pos Polisi Harmoni dan Kembali ke Lebak Bulus,” ucap Kosasih.

Kosasih menambahkan, pengalihan rute juga terjadi di Cililitan-Harmoni. Seharusnya rute tersebut melalui Jalan Budi Utomo-Lapangan Banteng-Halte Juanda-Halte Pecenongan. Kemudian dialihkan melalui Jalan Gunung Sahari -Traffic Light Golden Truly belok kiri- jalan Sawah Besar-Halte Harmoni.

“Sebaliknya rute Harmoni ke Cililitan tetap normal,” ungkapnya.

Meski ada modifikasi rute operasional bus Transjakarta, Kosasih berharap, penumpang tetap terlayani dengan baik. ‎PT Transjakarta, lanjut dia, akan terus memantau situasi di lapangan dan akan membuat perubahan yang dibutuhkan secara situasional demi kenyamanan pengguna jasa layanan Transjakarta.

Kosasih meminta para penumpang memantau @PT_Transjakarta yang merupakan akun Twitter resmi milik PT Transportasi Jakarta. Sehingga, para penumpang bisa mengetahui perkembangan dari waktu ke waktu.

‎”Diimbau kepada penumpang Transjakarta khususnya yang akan melintas di seputaran Istana Negara dan Monas agar menyesuaikan jadwal perjalanannya,” tandasnya. (gil/jpnn)

Click to comment
To Top