Teaterikal Perang HUT Kemerdekaan di Parepare – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Teaterikal Perang HUT Kemerdekaan di Parepare

FAJARONLINE, PAREPARE – Tak seperti biasanya, tahun ini, peringatan HUT ke-70 Kemerdekaan di Kota Parepare berlangsung cukup meriah, Senin 17 Agustus. Peringatan detik-detik proklamasi yang biasanya hanya diisi upacara seremoni, kali ini diwarnai dengan penampilan teaterikal perang antara pejuang Parepare dengan tentara an Belanda.

Teaterikal yang dipersembahkan Kodim 1405 Mallusetasi, Denpom Parepare bersama siswa SMA   menyajikan suasana perang kemerdekaan, khususnya peristiwa korban 40.000 ribu jiwa, 68 tahun silam. Acara itu sempat menyita perhatian masyarakat. Mereka memadati lapangan Andi Makkasau sejak pagi hari, guna menyaksikan a upacara detik-detik proklamasi yang berlangsung dengan hikmat.

Teaterikal dimulai dengan penampilan para pemuda dan masyarakat Parepare yang mengorganisasikan diri dalam beberapa kesatuan perang guna mempertahankan kemerdekaan dari penjajah yang berniat kembali menduduki Indonesia.   Upacara dihadiri Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe yang bertindak sebagai inspektur upacara. Ini kali kedua Taufan bertindak sebagai inspektur sejak dilantik menjadi wali kota, Oktober 2013, dua tahun lalu.

Upacara dimulai sekitar pukul 09.45 Wita, dengan peserta upacara terdiri dari unsur TNI, Polri, Korpri, Satuan Polisi Pamong Praja, Pramuka, pelajar dan mahasiswa. (syl)

loading...
Click to comment
To Top