Barcelona Tak Berkutik, Athletic Bilbao Juara Piala Super Spanyol – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Barcelona Tak Berkutik, Athletic Bilbao Juara Piala Super Spanyol

BARCELONA – Juara La Liga Barcelona dibuat tak berkutik saat melawan Athletic Bilbao pada leg kedua Piala Super Spanyol 2015. Bermain dihadapan pendukungnya sendiri di Camp Nou, Barcelona hanya mampu bermain imbang 1-1. Dengan hasil tersebut, Bilbao akhirnya keluar sebagai jawara Spanyol dengan agregat 5-1 setelah sebelumnya menang telak dikandang Bilbao dengan skor 4-0.

Jalannya pertandingan, kedua tim mempertontonkan pertandingan dengan tempo cepat. Berdasarkan statistic, Barcelona sebenarnya bisa menang bahkan dengan skor telak. Barcelona sukses mengumpulkan possesion ball sebanyak 77% dipertandingan tersebut.

Sejak peluit babak pertama berbunyi, Barca langsung menggebrak untuk mengejar ketertinggalan empat gol. Peluang emas langsung hadir di menit ke-6. Namun, sepakan Pedro hanya mengenai mistar gawang dan menghasilkan tendangan bebas.

Meski sudah unggul anggregat, tim tamu tetap melakukan perlawanan dengan tidak bermain bertahan. Terbukti, tim besutan Ernesto Valverde langsung memperoleh peluang emas di menit ke-8 melalui sepakan Beñat Etxebarria.

Sang bintang Lionel Messi sendiri dibuat tak berdaya. Penampilan penyerang berkebangsaan Argentina itu di babak pertama tidak memberikan kontribusi yang baik bagi tim sehingga menyulitkan pasukan Blaugrana untuk memperoleh gol. Sementara itu, pemain-pemain Bilbao masih terus berusaha untuk mencari celah di lini pertahanan Barca.

Peluang kembali diperoleh sang juara Liga Champions. Kali ini melalui Andres Iniesta di menit ke-37. Setelah sempat mengecoh sejumlah pemain bertahan Bilbao. Namun, tendangannya masih melambung di atas mistar gawang.

Gol yang ditunggu-tunggu publik Camp Nou pun hadir di penghujung laga. Adalah Messi yang mampu memecah kebuntuan di menit ke-43. Melalui kerja sama apik antara Ivan Rakitic mengumpan bola ke Luis Suarez, dengan kontrol dada yang baik, bola tersebut diberikan oleh Messi yang langsung menendangnya untuk memperoleh keunggulan Barcelona 1-0.

Di paruh kedua, para pemain Barca tetap terus melakukan tekanan terhadap Bilbao. Namun demikian, peluang yang diperoleh oleh Bilbao pun tak sedikit. Beberapa kali lini pertahanan Barca dibuat tak berdaya.

Peluang Bilbao melalui kaki Arits Aduriz di menit ke-56 namun penampilan hebat yang ditunjukkan Claudio Bravo dalam mengawal gawang Barca sukses mengamankannya dari kebobolan.

Alih-alih menambah gol, Barca justru kehilangan salah satu pemain di lini belakang. Gerard Pique, terkena kartu merah akibat protes berlebihan kepada wasit. Sejak menit inilah, Messi dkk bermain dengan sepuluh pemain hingga menjadi petaka bagi Barca.

Meski demikian, Barca tetap melakukan tekanan. Di menit ke-74, Suarez mendapatkan peluang. Lagi-lagi, peluang hasil dari kerja samanya dengan Messi masih gagal berbuah gol.

Publik tuan rumah akhirnya terdiam. Aduriz menjawab dengan sebuah gol sesaat setelah peluang Suarez tadi. Meski usaha pertama melalui sundulan gagal, namun di percobaan kedua pemain yang di leg pertama mencetak hat-trick itu sukses mencetak gol. Dengan gol tersebut, membuat aggregate semakin jauh.

Menjelang menit akhir, salah satu pemain Bilbao, Kike Sola, mendapat kartu merah setelah melanggar Javier Mascherano. Namun, kartu merah tersebut tampaknya tidak berpengaruh. Tak berselang lama, wasit Carlos Velasco Carballo akhirnya meniup peluit akhir.

Hasil ini membuat para awak tim Athletic Bilbao tumpah ruah ke dalam lapangan. Bukan sesuatu yang berlebihan jika klub yang terkenal dengan produksi talenta lokal tersebut begitu gembira. Pasalnya, ini adalah gelar yang dinanti sejak 31 tahun silam.(hrm)

Susunan Pemain:

Barcelona: Bravo; Alves, Pique, Mascherano, Mathieu; Rakitic, Busquets, Iniesta; Messi, Suarez, Pedro

Athletic Bilbao: Iraizoz; Marcos, Etxeita, Laporte, Balenziaga; Gurpegi, Benat, Eraso; Boveda, Aduriz, Susaeta

To Top