Disperindag Sanyembarakan Batik Sulsel – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Disperindag Sanyembarakan Batik Sulsel

FAJARONLINE, MAKASSAR — Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menggelar sayembara desain motif batik khas Sulsel. Pendaftaran dan penerimaan desain dimulai 20 Agustus hingga 10 Oktober mendatang.

Kepala Bidang Industri Disperindag, Alat Transportasi Elektronika, dan Aneka (Iatea) Disperindag Sulsel, Meyke, mengatakan, selain desain motif khas Sulsel, ada dua lomba desain lain yang digelar. Masing-masing, desain produk serat alam teknik anyaman menjadi produk piranti saji dan lomba desain aksesoris logam teknik kawandari. “Lomba ini kami gelar untuk mengakomodasi ide kreatif para desainer, para praktisi, UKM dan masyarakat umum yang berminat terhadap pengembangan desain motif khas Sulsel, yang muaranya akan menjadi koleksi karya yang tak ternilai harganya,” katanya, Selasa 18 Agustus.

Ada empat etnik di Sulsel masing-masing Toraja, Bugis, Makassar dan Mandar yang merupakan potensi budaya yang perlu diupayakan berbagai cara, termasuk menggali budaya daerah diaplikasikan dalam berbagai produk kreatif dan inovatif. Pelestarian budaya sesungguhnya adalah upaya memelihara dan melindungi aset bangsa, agar dapat memajukan bangsa dengan pembangunan yang lebih berbudaya, guna memupuk jati diri bangsa. “Sutra, anyaman serat alam dan aksesoris logam emas dan perak merupakan bagian dari berbagai macam hasil karya produk lokal Sulsel yang sangat unik dan merupakan kekayaan budaya yang harus dilestarikan dan dibudidayakan,” ujarnya. (iad)

loading...
Click to comment
To Top