Hj. Najmiah Dituntut Dua Tahun Penjara – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Hj. Najmiah Dituntut Dua Tahun Penjara

FAJARONLINE, MAKASSAR — Persidangan kasus dugaan reklamasi pantai ilegal di Jl. Metro Tanjung Bunga yang mendudukkan Hj Najemiah Muin sebagai terdakwa di Pengadilan Negeri Makassar memasuki tahap baru, Selasa 18 Agustus. Terdakwa dituntut dua tahun penjara dan denda Rp2 miliar subsidair enam bulan penjara. “Terdakwa terbukti sah dan meyakinkan telah melakukan penimbunan laut melawan hukum,” ujar penuntut umum, Andi Armasari.

Dalam sidang yang ditangani majelis hakim yang diketuai Andi Cakra Alam itu, jaksa menyebutkan terdakwa terbukti melanggar pasal 109, jo pasal 116 ayat 1 huruf b, UU No. 32/2009 tentang pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup, dan pasal 53 ayat 1 KUHP tentang perbuatan pidana yang tidak selesai bukan kehendak pelaku.

Najmiah juga dinilai telah melakukan penimbunan laut tanpa mengantongi izin pemerintah pada awal Oktober 2013 lalu. “Penimbunan itu dilakukan di area pesisir pantai Jalan Metro Tanjung Bunga seluas 2,1 hektare dengan tebal timbunan mencapai dua meter dari total luas lahan enam hektare,” kata jaksa. (jai)

Click to comment
To Top