Idris Syukur Sukses Jaga Pedagang Kecil di Barru – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Idris Syukur Sukses Jaga Pedagang Kecil di Barru

FAJARONLINE, BARRU — Pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) Barru patut berbangga di masa kepemimpinan Andi Idris Syukur. Pasalnya, semenjak menjadi kepala daerah, mantan Kepala Dinas Kehutanan Sulsel itu benar-benar menjaga pedagang lokal dari “serangan” modern market.

Di saat beberapa daerah lain memberi kelonggaran pengusaha besar menguasai dan mendirikan modern market di setiap wilayah, Idris Syukur justru pasang badan mempertahankan dan menggerakkan ekonomi kerakyatan.

Meski banyak yang berusaha merayu, termasuk menjanjikan iming-imingan jika diberikan izin membuat modern market. Namun Idris tetap tak terpengaruh, dengan alasan ingin memberi kesempatan kepada pelaku UKM lokal.

“Kalau modern market menjamur tentu yang dirugikan adalah pelaku UKM lokal. Lagian, uang yang masuk ke modern market itu, juga dibawa keluar, atau tidak dinikmati masyarakat,” tegas Idris, Selasa (18/8).

Menurut dia, biasanya modern market yang sahamnya dikuasai pengusaha besar, hanya mendirikan tempat dan menyimpan barang dagangan. Akan tetapi, keuntungannya sebagian besar diputar untuk daerah lain. “Jadi buat apa kita kasi izin kalau konstribusinya ke daerah tidak ada,” tambah Idris.

Dia berharap, kebijakannya itu bisa dimanfaatkan masyarakat, agar tidak lagi khawatir mengenai modern market yang dibiayai pengusaha luar Sulsel untuk mematikan pelaku UKM. “Buat apa saya menggadaikan jabatan, kalau justru itu sangat merugikan rakyat,” kata cucu pejuang kemerdekaan Andi Abd Kadir itu.

Sekadar diketahui, dari 24 kabupaten/kota di Sulsel, Barru termasuk daerah yang tidak terpengaruh ‘serangan’ pengusaha kakap yang menguasai mini market atau modern market. Rata-rata mini market yang ada di kabupaten berjuluk Hibrida itu dibuat oleh pelaku UKM lokal. (rilis/wik)

Click to comment
To Top