Pertama Kalinya, HUT Kemerdekaan Diarayakan Warga di Italia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Pertama Kalinya, HUT Kemerdekaan Diarayakan Warga di Italia

MILAN – Kemeriahan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tak hanya terasa di tanah air, tapi juga di Milan, Italia, yang berjarak 11.000 kilometer dari Indonesia.

Direktur Paviliun Indonesia di World Expo Milano 2015 Budiman Muhammad menyebut, upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI sengaja dilakukan di Paviliun Indonesia karena sejak Indonesia Merdeka, belum pernah ada upacara bendera di Milan. Biasanya, upacara bendera dilakukan di Roma, Italia.

“Jadi, ini sesuatu yang bersejarah,” ujarnya usai upacara di Paviliun Indonesia, Senin (17/8).

Dimulai tepat pukul 10.00 Waktu Italia, upacara bendera diikuti lebih dari 100 orang panitia Paviliun Indonesia dari Koperasi Pelestari Budaya Nusantara (KPBN), Artha Graha Network, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Nus Nuzulia Ishak sebagai pembina upacara, dan beberapa utusa Indonesia Trade Promotion Center (ITPC).

Upacara bendera yang berlangsung khidmat dengan pengibaran bendera dan lagu Indonesia Raya, menarik minat ratusan pengunjung World Expo Milano 2015.

“Sangat menarik melihat kalian warga Indonesia memperingati hari kemerdekaan di sini,” kata Alessandro Grosso, seorang pengunjung asal Italia.

Hajari Kaban, ketua Persatuan Indonesia Italia, mengaku jika upacara bendera di Milan memang merupakan hal bersejarah. Pria yang sudah 20 tahun lebih tinggal di Italia itu menyebut jika antusiasme masyarakat Indonesia untuk ikut memeriahkan HUT Kemerdekaan RI di Milan sangat tinggi.

“Kami bangga dan terharu, sebab, belum pernah ada upacara seperti ini di Milan,” ucapnya.

Budiman menambahkan, rencananya sore waktu Italia ini akan diadakan lagi upacara penurunan bendera yang rencananya dihadiri Duta Besar RI di Italia August Parengkuan. “Kalau sore nanti, pengunjung pasti lebih ramai,” ujarnya. (owi)

Click to comment
To Top