Wakil Ketua DPR: Seruan Megawati Soal KPK Hanya Peringatan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Wakil Ketua DPR: Seruan Megawati Soal KPK Hanya Peringatan

JAKARTA-Dewan Perwakilan Rakyat mengapresiasi imbauan Presiden RI -V Megawati Soekarnoputri agar semua anak bangsa bersama-sama memberantas korupsi.

Karena Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak diperlukan lagi apabila kejahatan kerah putih tersebut lenyap dari bumi Indonesia.

“Kalau konteksnya, kan umum. Saya yakin tidak ada rakyat Indonesia manapun, bahkan seorang mantan presiden atau pejabat negara yang tidak menghendaki adanya pemberantasan korupsi,” ujar ujar Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan di gedung DPR, Jakarta, Selasa (18/8).

Dia menjelaskan, imbauan yang disampaikan Megawati merujuk pada landasan konstitusi dari setiap pembentukan badan ad hoc oleh DPR sebagai lembaga politik.

“Saya tidak dalam kompetensi setuju atau tidak setuju. Tapi lebih melihat itu dalam konteks pengingatan kembali kepada seluruh masyarakat sebagai mantan presiden. Dan beliau (Megawati) juga sebagai ketua partai politik terbesar pemenang pemilu. Jadi ini sebatas pengingatan,” beber Taufik.

Taufik mengerti betul bahwa para pimpinan lembaga negara repot menghadapi korupsi yang masih merajalela di Indonesia.

“Jadi saya hanya positif thinking saja. Hal itu disampaikan dalam konteks memperingati aspek dari konstitusi. Artinya, semua yang terkait dengan hal-hal konstiusional itu dikembalikan, tidak lain atau tidak lebih,” jelasnya.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu menambahkan, pernyataan Megawati bermaksud mengembalikan fungsi dan definisi lembaga-lembaga ad hoc yang salah satunya adalah KPK.

“Tidak sampai pada semangat itu (pembubaran KPK sekarang), tidak. Ini hanya mengembalikan fungsi dan definisi ad hoc tadi,” tegas Taufik. [zul/rmol]

loading...
Click to comment
To Top