Apakah Tren Batu Akik Game Over? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hiburan

Apakah Tren Batu Akik Game Over?

APAKAH tren batu akik sudah berakhir? Inilah isu yang belakangan beredar luas di kalangan pedagang batu akik. Isu ini juga beredar luas di antara para gems lover.

Ada yang menilai telah berakhir, ada juga yang bilang belum berakhir. Sesungguhnya, isu yang beradar bahwa tren batu akik sudah berakhir, adalah opini sesat.

Tren batu pada hakikatnya belum berakhir. Hanya saja daya beli masyarakat menurun diakibatkan oleh krisis ekonomi yang mulai melanda Indonesia.

Hal ini dilihat dari nilai tukar rupiah yang terus melemah, serapan APBN rendah. Banyak proyek tersendat, akibatnya peredaran uang di masyarakat berkurang.

Imbasnya bukan hanya di pedagang batu akik, melainkan juga di seluruh para pedagang, kecuali yang menjual makanan.

Seluruh pedagang saat ini menjerit. Daya beli masyarakat untuk batu akik juga menurun, karena yang diutamakan adalah kebutuhan pokok.

Inilah yang berpengaruh terhadap tren batu akik, akibatnya banyak batu akik yang turun harga. Hal ini terpaksa harus dilakukan supaya batu laku terjual. Termasuk juga batu bacan yang turun harga. Trennya tetap ada, namun pasar batu akik yang lesu.  (*)

To Top