Dua Batu Bacan Doko Milik Wiranto Terjual Rp 9,5 Juta – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hiburan

Dua Batu Bacan Doko Milik Wiranto Terjual Rp 9,5 Juta

BOGOR – Senyum puas terpancar dari wajah Diyen Hasanuddin. Warga Bogor itu  memenangkan lelang batu akik milik mantan Panglima TNI Jend (Purn) Wiranto. Hal itu dilakukan dalam acara Festival Permata dan Batu Akik Nusantara 2015 di Mal BTM, Kota Bogor, kemarin (18/8).

Dalam acara itu, Diyen membayar batu akik Wiranto seharga Rp 6 juta. Batu akik yang dibeli oleh Diyen adalah jenis Bacan Doko. Lelang dilakukan setelah Wiranto yang merupakan pembina Asosiasi Batu Mulia (Abumi) Indonesia itu memaparkan mengenai konsep tren batu akik di Indonesia.

Lelang dibuka dengan penawaran harga awal Rp 750 ribu. Setelah penawaran tersebut, pembawa acara memberikan kesempatan pada peserta lain untuk melakukan penawaran, termasuk Diyen. “Rp 6 juta,” jawabnya spontan.

Setelah itu, pembawa acara kembali memberikan kesempatan pada peserta lain untuk melakukan penawaran. Namun, setelah semenit berlalu, tak ada peserta yang berani mengajukan penawaran di atas harga yang diajukan Diyen. Pembawa acara kemudian melakukan penghitungan sampai angka 10, dia pun menyatakan Diyen sebagai pemenang lelang.

Dalam kesempatan itu, Wiranto melelang dua batu akiknya yang berjenis sama yaitu Bacan Doko.   Untuk lelang batu akik kedua milik Wiranto,  penawaran dibuka dengan harga Rp 500 ribu. Kali ini dimenangkan oleh Teddy Djie, kolektor batu akik, dengan harga Rp 3,5 juta. Ditotal, hasil lelang batu akik milik ketua umum Hanura itu mencapai Rp 9,5 juta.

Wiranto menuturkan, batu yang dilelang merupakan koleksi pribadinya. “Itu hanya sebagian kecil dari koleksi saya,” ucapnya.

Dia justru merasa bangga, koleksi pribadinya dapat membantu para veteran Indonesia. Menurut dia, dengan adanya event tersebut dapat mengangkat tren batu akik di Indonesia. “Jadi, tidak menjadi tren sesaat tapi juga dalam waktu lama bahkan sepanjang masa,” ungkapnya.

Sementara itu, Marcom Mal BTM  Sharon Vebrilla mengatakan,  hasil lelang tersebut akan disumbangkan kepada Legium Veteran Republik Indonesia (LVRI) Bogor. “Ada beberapa batu yang dilelang. Cuma tidak semua hari ini. Hanya ada dua batu akik yang dilelang,” ucapnya.

Owner Lab batu ACC, Agus Tono Dwi R menambahkan,  kedua batu  milik Wiranto merupakan batu akik pada umumnya yang ada di Indonesia. Batu itu berjenis  kalsedon yang mengandung garam tembaga. Hanya batu tersebut, sudah cukup lama hingga kualitasnya bagus. “Harga batu akik itu, tergantung orang. Bisa mahal atau lebih murah dari hasil lelang yang sekarang,” tandasnya. (mer/jpnn)

Click to comment
To Top