Jangan Lama Berdiri Saat Bekerja, Berbahaya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kesehatan

Jangan Lama Berdiri Saat Bekerja, Berbahaya

PENELITIAN demi penelitian telah menemukan efek buruk jika menghabiskan waktu bekerja hanya dengan berdiri.

Sebuah studi yang dipublikasikan di Human Factors mencatat bahwa hampir setengah pekerja di dunia memiliki pekerjaan yang mengharuskan mereka untuk berdiri.

Untuk mengukur efek samping dari berdiri terlalu lama ini, peneliti dari Swiss dan Michigan meneliti pekerja berusia muda (18 sampai 30 tahun) dan kelompok yang lebih tua (lebih dari 50 tahun) dan mereka mensimulasikan lima jam kerja berdiri.

Mereka diizinkan untuk mengambil makan siang 30 menit dan lima menit duduk istirahat. Sementara efek jangka pendek seperti kelelahan, kram kaki dan sakit punggung mengindikasikan fokus penelitian yakni efek kelelahan jangka panjang pada tungkai bawah.

Sebenyak 26 peserta yang mengalami kelelahan otot diukur dengan menggunakan electrically induced muscle twitches atau muscle twitch force (MTF), stabilitas postural dan evaluasi subjektif dari ketidaknyamanan.

“MTF menunjukkan efek kelelahan yang signifikan setelah bekerja sambil berdiri dan bahwa efek akan berlangsung selama setidaknya 30 menit setelah pekerjaan selesai,” ujar salah seorang peneliti, Maria Gabriela Garcia seperti dilansir laman Fox News, Selasa (18/8).

“Kelelahan jangka panjang setelah berdiri terlalu lama saat bekerja bisa hadir tanpa dirasakan,” imbuhnya.

Maria juga mengatakan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan pekerjaan yang membutuhkan waktu lama berdiri bisa berkontribusi untuk gangguan muskuloskeletal dan nyeri punggung. (fny/jpnn).

loading...
Click to comment
To Top