JK dan Rizal Ramli Seharusnya Kompak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

JK dan Rizal Ramli Seharusnya Kompak

JAKARTA-Merebaknya “perang “ pernyataan antara Wapres Jusuf Kalla dengan Menko Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli disesalkan Pelaksana harian (PLH) Ketua Umum Kadin Indonesia  Zainal Bintang. Menurut wartawan senior itu, masyarakat sangat berharap setelah terjadi reshuflle kabinet, keadaan perekonomian akan membaik agar masyar tenang. Pasalnya, kondisi perekonomian sejak Jokowi – JK dilantik pada Oktober 2014, sangat buruk dan bahkan semakin terpuruk.

“Terus terang saya prihatin. Karena sesama pejabat Negara, beliau2 tidak lagi saling menghormati. Mereka perang pernyataan di media publik, saling merendahkan”. Sopan santun sebagai elite terhormat nampaknya sudah luntur, kata Bintang yang dikenal juga sebagai tokoh senior Partai Golkar. “Bagaimana rakyat mau hormat kepada beliau”, ujar Bintang lagi.

Perang pernyataan yang memperihatinkan yang dimaksudkan Bintang terjadi antara Rizal Ramli dengan Jusuf Kalla. Kasusnya terkait dengan pernyataan Rizal yang mengecam proyek listrik 35.000 watt yang digagas oleh Jokowi – JK.

Wapres Jusuf Kalla mengingatkan Menko Kemaritiman Rizal Ramli untuk memahami persoalan sebelum melontarkan kritik. Rizal Ramli malah menantang Wapres untuk berdiskusi di depan umum.

Kepada wartawan Rizal Ramli meminta JK Kalau mau paham, bertemu dengannya untuk diskusi secara terbuka. Prang statement seperti ini dinilai Zainal Bintang kontrapriduktif dengan upaya pembenahan ekonomi nasional yang selayaknya jadi prioritas untuk dipikirkan. Bukannya, justru saling serang dan saling menyalahkan.

Sebelumnya Wapres JK memang mengingatkan Rizal Ramli untuk memahami persoalan sebelum melontarkan kritik. Rizal Ramli mengkritik pembangkit listrik 35 ribu megawatt tidak mudah. Rizal Ramli mengatakan akan mengevaluasi kembali pembangunan pembangkit listrik 35 ribu megawatt karena masih ada tambahan 7 ribu megawatt yang belum terbangun pada periode pemerintah sebelumnya.

Bintang mengakui pak JK dan Pak Rizal Ramli adalah dua tokoh yang sangat dia hormati. Beliau2 itu senior dan pemimpin bangsa. Jangan sampai kewibawaan mereka di mata publik terdegradasi. Yang dirindukan oleh rakyat seluruh pembantu prsiden Jokowi, yaitu Wapres maupun semua menteri supaya mereka kompak, saling menopang. “Pembantu presiden itu jangan saling merendahkan. Itu yang kami rindukan sebagai rakyat.” kata Bintang lagi.

“Saya mengingatkan kepada staf Wapres jangan ikut – ikutan memanaskan  situasi dengan pernyataan yang malah memperkeruh keadaan”, tegas Bintang.

Sebagaimana diketahui, Zainal Bintang menjabat sebagai Plh Ketua Umum Kadin Indonesia menggantikan Rizal Ramli sejak 24 Juli 2015, karena telah diangkat menjadi Komisaris Utama BNI, 17 Maret lalu dan kini menjadi Menko Maritim dan Sumber Daya. (arm)

loading...
Click to comment
To Top