Kapolri Enggan Komentari Seruan Megawati – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Kapolri Enggan Komentari Seruan Megawati

JAKARTA – Kapolri Jenderal Badrodin Haiti enggan mengomentari pernyataan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri yang menganjurkan pembubaran KPK.

“Itu penilaian masing-masing, saya tak bisa komentar,” kata Haiti di STIK-PTIK, Jakarta, Rabu (19/8) siang.

Sebelumnya, Mega menegaskan bahwa KPK sebagai komisi yang bersifat ad hoc harus dibubarkan. mantan Presiden RI itu menilai KPK telah bertindak melampaui kewenangannya sebagai lembaga ad hoc yang dibentuk hanya untuk waktu singkat.

Tapi, di sisi lain, Mega menyebut salah satu syarat bubarnya KPK adalah ketika sudah tidak ada lagi korupsi di Indonesia. Dia mengajak agar para pejabat negara tidak lagi melakukan korupsi sehingga KPK bisa segera dibubarkan.

“Pernyataan ini sering di-bully di media sosial, tapi tentu saja ini pemikiran logis,” ujar Mega saat peringatan Hari Konstitusi di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin (18/8).

Haiti menegaskan bahwa peningkatan koordinasi dalam memberantas korupsi harus dilakukan agar tidak terjadi tumpang tindih lembaga dalam memberangus korupsi.

“Sepanjang koordinasi bagus, saya pikir tidak ada masalah,” kata mantan Kepala Baharkam Polri tersebut.

Menurut Haiti, dalam situasi sekarang banyak pihak yang menyarankan supaya pencegahan korupsi harus mendapat porsi yang lebih besar dibanding penindakan. Pencegahan tak hanya harus dilakukan KPK, tapi juga semua kementerian ataulembaga.

“Strategi pencegahan jauh lebih baik ketimbang penindakan,” ungkap jenderal bintang empat ini (boy/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top