Khawatir Dituggangi Politik, 33 Pilkades Ditunda – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Khawatir Dituggangi Politik, 33 Pilkades Ditunda

FAJARONLINE, BULUKUMBA – Rencana pemilihan kepala desa (pilkadas) di Bulukumba yg dijadwalkan serentak pasca masa jabatan berakhir batal gelar tahun ini. setidaknya ada 33 desa yang akan melalukan pilkades. Hal itu menyusul lantaran pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang bersaman dengan pilkades dianggap rawan menimbulkan konflik, dan harus ditunda hingga awal tahun depan.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa (BPMD) Bulukumba, Andi Kurniady, mengungkapkan, ada beberapa yang menjadi pertimbangan sampai pemilihan kepala desa ini terpaksa harus ditunda, meski masa jabatan sudah berakhir sebenarnnya. Namun, demi keamanan dan stabilitas daerah menjelang pilkada, kemudian adanya pergantian antar waktu (PAW) desa Padang, dan Swatani menjadi akan penyebabnya. “Kita sudah putuskan untuk penundaan. Kemudian kita laksanakan paling Maret atau Februari baru digelar, dan semua digelar secara bersamaan,”katanya, Rabu 19 Agustus.

Ia menjelaskan, bahwa penundaan ini tidak menjadi masalah, atau berpengaruh pada pelayanan warga bawah. Bahkan, pelayanan tetap berjalan seperti hari biasa, sebab sejak awal sudah ada persiapan pelaksana tugas (Plt) dan sudah berjalan, khususnya bagi 33 desa yang berakhir jabatannya. Hanya, masa jabatan kades ini berbeda, ada tahun lalu 15 desa, dan sekarang kemudian satu desa tahun mendatang. “Kita mau serentak. Makanya, kita tunggu sampai selesai tahap pertama ini,”ungkapnya.

Bukan hanya itu, lanjut Kurniady, anggaran pelaksanaan pemilihan kepala desa yang masih kurang. Dana yang tersedia baru sekira Rp300 juta, dari total yang dibutuhkan mencapai Rp330 juta lebih.  ” Jangan sampai berimbas kepada pilkades nanti jika lebih dulun ketimbang pilkada,” terangnya.

Anggota Komisi A DPRD Bulukumba Rudi Wahyudi mengatakan, tidak mempersoalkan penundaan tersebut. Apalagi dengan alasan untuk kekhawwtiran terjadi tendensi politik. ” Itu sudah menjadi pertimbangan. Saya kira tidak ada ruginya itu dilakukan awal bulan nanti,” ungkapnya. (taq/aci)

Click to comment
To Top