Si Penghadang Moge Ajak Diskusi Anggota Ditlantas Polda Soal UU Lalu Lintas – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Si Penghadang Moge Ajak Diskusi Anggota Ditlantas Polda Soal UU Lalu Lintas

JOGJA – Elanto Wijoyono (32) sampai saat ini masih saja menjadi objek berbincangan hangat atas aksinya beberapa hari lalu yang menghadang konvoi motor gede (Moge).  Dengan bersepeda, Elanto yang didampingi temannya Yoan Valone (29) mendatangi Ditlantas Polda DIJ, kemarin (18/8) sekitar pukul 09.45 WIB.

Setelah ditemui oleh petugas piket, Elanto kemudian menuju lantai 2 untuk mengadakan pertemuan dengan beberapa anggota Ditlantas. Setelah lebih dari dua jam mengadakan diskusi, pada sekitar pukul 12.30 Wib Elanto keluar dari ruangan pertemuan.

Elanto bersama beberapa warga mendatangi kantor Ditlantas Polda DIJ untuk mengajak berdiskusi terkait dengan peraturan pengawalan konvoi. Dalam diskusi tertutup itu, Elanto menyampaikan agar polisi melakukan evaluasi terbuka terkait penyelenggaraan event motor gede tersebut.

“Tidak hanya event kemarin, tapi tahun lalu juga. Ada banyak masukan dari warga, jika penyelenggaraan itu menggangu. Kami menunggu evaluasi polisi yang terbuka untuk publik,” katanya kepada wartawan.

Dia juga mendorong polisi melakukan sosialisasi pengawalan agar masyarakat tahu dan bisa memberikan masukan sebelum event dilaksanakan.

Selain itu Elanto juga meminta polisi dalam mempublikasi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan tidak secara terpotong-potong, namun disampaikan secara menyeluruh.

Sebab, pemotongan tersebut justru menimbulkan bias penafsiran kepada masyarakat. Dalam Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan terdapat Pasal 134, point G yang menyebutkan salah satu yang bisa mendapatkan pengawalan polisi yakni konvoi dan/atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia. (riz/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top