Vonis Dijatuhkan, Istri Sutan Menangis: ‘Ya Allah 10 Tahun… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Vonis Dijatuhkan, Istri Sutan Menangis: ‘Ya Allah 10 Tahun…

JAKARTA – Vonis majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta atas Sutan Bhatoegana yang dibacakan Rabu (19/8) langsung mengguncang ketenangan anak dan istri terdakwa perkara suap itu. Istri Sutan, Unung Rusyatie dan ketiga putrinya terlihat mengusap air mata saat mendengarkan putusan yang menghukum politikus Partai Demokrat (PD) itu dengan 10 tahun penjara.

“Ya, Allah. Sepuluh tahun,” kata Unung sambil memeluk putri yang duduk di sampingnya.

Sadar menjadi sorotan awak media, wanita berjilbab itu langsung meninggalkan ruang sidang diikuti dengan ketiga anaknya.

Sebelumnya, majelis hakim menyatakan Sutan terbukti secara sah dan meyakinkan menerima sejumlah hadiah berupa uang dan barang saat menjabat ketua komisi VII DPR. Antara lain, uang USD 140 ribu dari eks Sekjen ESDM Waryono Karno, USD 200 ribu dari bekas Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini, dan rumah di Medan dari pengusaha Saleh Abdul Malik. Selain dipenjara selama sepuluh tahun, dia diwajibkan membayar denda sebesar Rp 500 juta subsider satu tahun kurungan.

Sutan terbukti melanggar Pasal 12 huruf a dan Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 65 ayat (1) KUHPidana.(put/JPG)

loading...
Click to comment
To Top