Wisma Negara Resmi Mulai Dibangun – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Wisma Negara Resmi Mulai Dibangun

MAKASSAR, FAJARONLINE — Pembangunan wisma negara di kawasan Center Poin of Indonesia (CPI) resmi dimulai. Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, melakukan peletakan batu pertama dan pemasangan tiang pancang pembangunan wisma negara, Rabu 19 Agustus.

Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman Sulsel, Andi Bakti Haruni, mengatakan, segala bentuk perizinan untuk pembangunan wisma negara tersebut sudah rampung. Selama proses desain, pihaknya juga telah berkonsultasi dengan Walikota Makassar dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan dilakukan kesepakatan terkait pembiayaan wisma negara.

“Terkait pelaksanaan konstruksi, dimenangkan PT Putra Jaya Makassar,” kata Andi Bakti.

Ia menjelaskan, wisma negara akan dilengkapi gedung pertemuan seluas 5.500 meter persegi dengan kapasitas lebih dari 2.000 orang.  Wisma negara terdiri dari bangunan tiga lantai termasuk basement dan dibagi menjadi sektor publik dan private.

“Proyek ini akan dibiayai APBN dan dalam rangka menjamin kualitas, kami kontrak dengan konsultan manajemen PT Biosfera sebesar Rp1,3 miliar. Sedangkan, untuk pembangunan dibutuhkan anggaran Rp55 miliar,” bebernya.

Sementara, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan,‎ keinginannya membangun wisma negara di Makassar muncul setelah melihat wisma negara di Moskow dan Beijing. Dimana, wisma negara bisa dipakai publik untuk pertemuan dan penjamuan tokoh-tokoh penting.

“Kawasan ini merupakan hasil kompromi bersama dengan Pemkot Makassar dan tidak hadir begitu saja. CPI bukan hanya untuk private sektor, tapi juga ada Ruang Terbuka Hijau dan kawasan publik,” terang Syahrul. (iad)

loading...
Click to comment
To Top