24 Hand Tractor Dibagikan ke Petani – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

24 Hand Tractor Dibagikan ke Petani

FAJARONLINE, BULUKUMBA —  Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bulukumba menyalurkan bantuan 24 unit hand tractor kepada petani di 6 kecamatan, yakni Rilau Ale, Bulukumpa, Gantarang, Ujungloe, Kajang, dan Kindang. Bantuan tersebut untuk membantu peningkatan produksi di sektor pertanian.

“Bantuan ini untuk memudahkan petani dalam mengolah lahan persawahan. Ini dikelolah kelompok tani dan digunakan bersama,” kata Kepala Distan, Ir. Harun.

Menurutnya, bantuan hand tractor setiap tahun disalurkan kepada petani. Tahun 2014 lalu, sebanyak 100 unit bantuan serupa disalurkan kepada para petani. Untuk tahun ini, sejak Januari hingga Agustus disalurkan 59 unit hand tractor dalam tiga tahap.

“Tahap pertama itu ada 20 unit kita salurkan, kemudan tahap kedua 16 unit, dan hari ini (kemarin, red)  ada 24 unit. Jadi totalnya ada 59 unit. Tapi masih ada lagi yang akan kita salurkan, bukan cuma 59 unit ini saja,” jelas Harun.

Dikatakannya, untuk memperoleh bantuan ini petani melalui kelompoknya terlebih dahulu mengajukan usulan dalam bentuk proposal. Kemudian dilakukan verifikasi untuk memastikan layak tidaknya kelompok tani tersebut dibantu.

“Banyak petani yang mengeluh karena tidak ada mesin traktor yang didapat, apalagi saat musim tanam, biasa mengantre. Jadi kita berharap dengan bantuan ini masalah tersebut bisa teratasi, meskipun belum semua bisa kita bantu,” tutup Harun. (taq)

loading...
Click to comment
To Top