Bukan Coal Mill yang Terbakar, Tapi Belt Conveyor 03 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Bukan Coal Mill yang Terbakar, Tapi Belt Conveyor 03

FAJARONLINE, MAKASSAR– Pasca terjadinya kebakaran direksi PT Semen Tonasa menggelar Pressconference di Kantornya Jalan Chairil Anwar, Kamis, 20 Agustus.

Dalam Pressconference itu, Direktur Utama PT Semen Tonasa, Andi Unggul Attas, menegaskan jika yang terbakar bukanlah Coal Mill melainkan area Belt Conveyor 03.

“Jadi bukan Coal Mill yang terbakar. Tapi di Belt Conveyor 03 yang membawa batu bara dari gudang ke bin batu bara kasar,” tegas Unggul dalam konfrensi pers tersebut menegaskan pihak bertanggungjawab penuh dengan insiden kebakaran yang menewaskan satu pekerja tersebut.

Batubara Opolosan

Sementara itu ditempat terpisah, praktisi hukum, Amirullah Tahir menilai insiden kebakaran di pabrik PT Semen Tonasa layak diselidiki pihak kepolisian setempat mengingat ada korban jiwa dan mempertaruhkan pekerja lain.

Terkait penyebab kebakaran, spekulasi memang banyak bermunculan. Pengacara senior ini menduga ada rekanan Semen Tonasa yang menggunakan batubara berkalori rendah dan tidak sesuai spec mesin, sehingga saat dipaksakan akhirnya mesin jebol dan meledak.

“Dalam kondisi itu kuat dugaan ada permainan pada suplay bahan baku batubaru, sehingga biar pun batubara tidak memenuhi standar tetap dipakai sehingga saat di mix menyebabkan mesin jebol dan meledak. Saya kira tak ada salahnya pihak Kepolisian mengusut secara tuntas masalah ini karena ada korban jiwa. Ini kelalaian yang menyebabkan nyawa melayang,” kata Amirullah Tahir, pengacara senior Makassar ini meminta kepolisian melakukan penyidikan untuk mengungkap apa yang terjadi di sana. (rin/aci)

 

Click to comment
To Top