Siasat Proyek Pembangunan Gedung Baru DPR – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Siasat Proyek Pembangunan Gedung Baru DPR

JAKARTA – Para wakil rakyat sepertinya tak patah arang. Setidaknya ada 7 mega proyek sudah ditolak Presiden Joko Widodo termasuk didalamnya pembangunan gedung baru DPR RI. Nah, untuk proyek pembangunan gedung, DPR pun berupaya agar pembangunannya bisa lolos.

Caranya adalah dengan menganggarkan dana untuk pembangunan itu melalui APBN tahun jamak alias multi-years. Sebelumnya, perkiraan dana untuk tujuh gedung maupun fasilitas baru di DPR mencapai Rp 1,5 triliun. Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR pun tak menepisnya.

Menurut Ketua BURT DPR, Roem Kono, pembangunan gedung baru di Senayan memang akan dilakukan secara bertahap.  “Tidak hanya satu tahun. Jadi, multi years,” katanya di Jakarta, Rabu (19/8).

Hanya saja, sampai saat ini perencanannya masih dibahas di Sekretariat Jenderal DPR. Selanjutnya, hasil perencanaan dari Setjen DPR akan dibahas bersama BURT DPR untuk kemudian dibawa ke Badan Anggaran.

Namun, Roem Kono mengakui bahwa anggaran untuk membiayai proyek-proyek itu belum ada. “Sampai sekarang belum diketok. Mungkin masa sidang ini bisa (diketok),” tutur politikus Partai Golkar itu.

Ketua Ormas MKGR itu menambahkan, andaikan pemerintah hanya menyetujui angka Rp 100 milar – Rp 200 miliar, DPR tetap akan memanfaatkannya.  “Kalau pemerintah cuma kasih Rp 50 milliar, ya itu yang kami gunakan,” tandas Roem. (rka/JPG/JPNN)

loading...
Click to comment
To Top