Suhu Tanah Suci Panas, Ini Saran Kanwil Kemenag Buat JCH – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Suhu Tanah Suci Panas, Ini Saran Kanwil Kemenag Buat JCH

FAJARONLINE, MAROS Jamaah calon haji (JCH) diminta pandai mengatur waktu selama berada di tanah suci. JCH dihimbau tidak bolak-balik ke mesjid untuk salat, namun lebih memilih ‘ngadem’ di mesjid sambil menunggu waktu salat
Kepala Kementrian Agama Kabupaten Maros, Syamsuddin menjelaskan suhu tanah suci yang saat ini panas, mencapai 46-50 derajat celcius dan jarak pemondokan dengan mesjid yang cukup jauh, mencapai empat kilometer dan ditempuh berjalan kaki. Hal itu bisa menguras energi jamaah, sehingga mereka diminta mengefisenkan aktivitas.
“Karena jarak tempuh yang jauh itulah, sebaiknya jamaah ketika hendak shalat duhur, sebaiknya nanti pulang seusai shalat isya. Supaya mereka tidak kecapaian dan waktunya tidak banyak terbuang di perjalanan,” bebernya, Rabu 19 Agustus.
Cara tersebut, lumayan berguna. Mantan Bupati Maros, Hatta Rahman mengakui dengan manajemen waktu yang terencana, semua ritual ibadah bisa terlaksana sempurna karena tidak diganggu alasan capek atau waktu tidak cukup. “Yang penting untuk diingat juga jangan malu menenteng air minum botol,” kata Hatta saat pelepasan JCH beberapa waktu lalu.
JCH di Kabupaten Maros sendiri berjumlah 248 orang. Dengan usia rata-rata layak untuk berhaji. Tidak satupun JCH yang berusia dibawah 17 tahun, sementara jamaah tertua berusia 82 tahun. (ris)
loading...
Click to comment
To Top