Wao! HUT Jateng Telan Anggaran Rp1,69 Miliar, Ini Agendanya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Wao! HUT Jateng Telan Anggaran Rp1,69 Miliar, Ini Agendanya

SEMARANG, RAJA – Berbagai pameran, jenis perlombaan dan festival bakal ditampilkan dalam pesta rakyat untuk peringatan hari jadi Provinsi Jawa Tengah yang ke 65. Namun, perayaan yang akan menghabiskan dana dari APBD Rp1,69 miliar tersebut akan dilaksanakan di Kabupaten Banyumas. Pesta rakyat tersebut juga akan dimulai pada 20-23 Agustus mendatang. “Sebelum membuat acara parade seni seperti festival eblek dan kenthongan, kami bertemu dulu dengan budayawan dan beberapa tokoh di Banyumas. Ternyata kegiatan itu termasuk yang diminati masyarakat Banyumas,” kata Sekretaris panitia peringatan hari jadi ke 65 Provinsi Jateng, Riena R.

Kepala Biro Otda dan Kerjasama Setda Provinsi Jateng ini juga tema peringatan hari jadi tahun ini adalah Jateng Responsif, Kompetitif, dan Inovatif. Tema tersebut dipilih mengingat Jateng harus terus merespon dan bersaing dengan tantangan ke depan seperti Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. Selain itu, kegiatan tersebut juga diisi dengan berbagai acara mulai dari budaya, berbagai macam lomba, hingga job fair yang diikuti 70 perusahaan. Kegiatan itu juga mendapat respon dan didukung oleh beberapa SKPD seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dinpora), serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan. “Resepsi HUT Jateng ke-65 ini banyak diisi dengan kegiatan pesta rakyat,” ucapnya.

Menurutnya, kegiatan pembuka akan menampilkan pagelaran wayang kulit. Yakni pada malam Kamis 20 Agustus mendatang di halaman kantor Bakorwil III. Sedangkan kegiatan pada 21 Agustus acara dipusatkan di GOR Satria Kabupaten Banyumas yakni turnamen futsal, tari modern, panjat dinding, parade seni pentas atraksi dari 35 kabupaten/kota dan dua provinsi anggota Mitra Praja Utama yakno Jatim dan Jabar. Selain itu, ada pembukaan pameran batik 35 kabupaten/kota yang digelar Dekranasda Jateng, festival busana daerah, job fair,  lomba fotografi, dan pameran produk kriya Dekranasda.

Sementara pada 22 Agustus digelar adu panco, lomba balap karung di pasir, turnamen futsal, festival band SMA, potong rambut dan pijat refleksi gratis, festival ebeg, slalom becak, festival ngibing Banyumasan atau goyang Pantura. Kemudian pada 23 Agustus diselenggarakan festival kenthongan, donor darah, freestyle motor, flashmob dan parade DJ, donor darah, senam aerobik, jalan sehat, serta rockestra dengan 10 penyanyi rok legendaris yang menampilkan Ahmad Albar. (Ari)

loading...
Click to comment
To Top