Zainal Bintang: Munas akan Persatukan Kadin – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Zainal Bintang: Munas akan Persatukan Kadin

JAKARTA—Pelaksana Harian (Plh) Ketua Umum Kadin Indonesia, Zainal Bintang menegaskan munas yang akan digelar Oktober mendatang akan mempersatukan pengurus dan anggota Kadin seluruh Indonesia.

Pasalnya, kata Bintang, munas nantinya akan membuka ruang bagi siapa saja keluarga besar Kadin yang ingin menjadi ketua umum. Tidak menurut pembedaan satu dengan yang lainnya.

Meskipun sempat terjadi perpecahan setelah munas dilaksanakan di Bali pada 2013 lalu. Munas yang mengambil tema besar “Kadin Pelindung Ekonomi Rakyat” menurut wartawan senior ini adalah alat pemersatu. Persatuan Kadin dinilai sebagai langkah yang harus dilakukan untuk segera berperan dalam berkontribusi memulihkan ekonomi nasional.

“Munas akan dilaksanakan pada Oktober nanti yakni 8-11 Oktober. Ada dua tempat direncanakan yakni Jakarta dan Makassar. Tapi kemungkinan besar dilaksanakan di Makassar,” sebut Bintang usai bertemu dengan Ketua Asosiasi Pemerintan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Gedung ICBC, Thamrin, Jakarta, Kamis 20 Agustus.

Koordinasi persiapan munas kata dia talah dilakukan. Semua pengurus Kadin mulai pusat hingga daerah pun telah menyatakan kesediaannya. Apalagi, kata Bintang Ketua APPSI telah memberikan respons positifnya atas persiapan agenda ini.

Bahkan pengurus Kadin yang sempat berseberangan dengan pengurus hasil munas Bali juga akan diundang. “Kami tidak bawa calon, silahkan siapa saja bisa ikut,” tegasnya.

Ketua APPSI, Syahrul Yasin Limpo mengatan, pengusaha tidak boleh dipolarisasi. Kadin menurutnya, harus bersatu karena perannya yang begitu penting dalam perekonomian nasional.

Kadin bagi Syahrul adalah komponen penting yang bisa menjadi lokomotif serta menjadi solusi menghadapi kelesuan ekonomi saat ini. “APPSI mendukung Kadin bersatu,” ucap Syahrul.

Isu utam yang akan dibahas Kadin adalah upaya percepatan ekonomi dalam mengatasi keterpurukan pertumbuhan saat ini.

Kemudian optimalisasi peran pengusaha, khususnya UMKM untuk terus menjadi garda terdepan dalam perputaran ekonomi masyarakat. Kadin akan menggenjot lima hal untuk membangkitkan dunia usaha yakni akses permodalan, produksi, pemasaran, manajemen, dan SDM. (arm)

loading...
Click to comment
To Top