Ayo Pikir Lagi! Hemat Mana Pakai BBM atau Listrik untuk Motor Anda – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Ayo Pikir Lagi! Hemat Mana Pakai BBM atau Listrik untuk Motor Anda

JAKARTA – Mahasiswa Institut Sepuluh Nopember (ITS) membuktikan bahwa sepeda motor listrik jauh lebih irit daripada sepeda motor umumnya yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM). Selain hemat biaya, juga ramah lingkungan karena proses pembakarannya tidak menghasilkan gas beracun.

Motor listrik karya anak muda dari kampus yang terletak di Surabaya itu dipamerkan dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) di Jakarta, 20-30 Agustus. Kendaraan ini mampu melaju sejauh 60 kilometer dalam sekali pengisian daya.

“Kecepatan maksimalnya bisa sampai 100 km/jam,” kata salah seorang anggota tim perancangan motor listrik dari ITS, Grangsang Sotyaramadhani seperti dikutip dari JawaPos.com, Kamis (20/8).

Menurut dia, motor listrik jauh lebih hemat sekitar 200 persen dibandingkan motor BBM. Dalam penghitungannya, motor listrik dengan baterai 1,9 kWh itu hanya butuh waktu 1,5 jam sekali mengisi daya.

Sementara itu, sebagai perbandingan, tarif dasar listrik (TDL) untuk rumah tangga yang terbesar 6.600 VA+ seharga Rp 1.524 per kWh. Artinya, motor listrik ini membutuhkan sebesar 2,85 kWh (1,5×1,9). Dan, yang harus dibayarkan ke PLN adalah Rp 4.343. Dengan biaya tersebut, dapat menempuh jarak 60 kilometer.

“Ini kita pakai TDL yang paling besar lho (6.600 VA+), kalau pakai lebih kecil, biaya kWh PLN bisa lebih kecil lagi,” jelasnya.

Nah, sekarang untuk harga BBM jenis premium per liternya sebesar Rp 7.400. “Dan belum tentu satu liter premium bisa melaju sejauh 60 kilometer. Jadi murah mana, Rp 4.343 atau Rp 7.400,” ujar mahasiswa teknik mesin itu.

Grangsang optimistis timnya bisa bersaing dengan motor listrik buatan luar negeri. Namun, yang pasti harus terus dikembangkan dengan melakukan penelitian.

Untuk urusan komersil, timnya belum berpikir ke arah sana. Namun yang jelas, kalaupun mau dijual pasti harganya lebih murah dari pada produk luar negeri.

“Ya sekitar Rp 20 juta lah. Produk dari Italia saja harganya kisaran Rp 40 juta, Amerika sudah ratusan juta rupiah,” imbuhnya.

Motor listrik seberat 11 kilogram itu juga dilengkapi dengan cooling system. ‎Desain casing terbuat dari aluminium, serta menggunakan microcontroller 75 MHz, Cortex M3 Real Time Operating System. (fab/jpg)

loading...
Click to comment
To Top