Bahaya Kabut Asap di Jambi Gagalkan Lima Pendaratan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Bahaya Kabut Asap di Jambi Gagalkan Lima Pendaratan

JAMBI- Aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Thaha Syaifuddin (STS) Jambi terganggu kabut asap yang makin pekat. Kamis (20/1) pagi, setidaknya ada lima pesawat yang gagal mendarat dan dialihkan ke bandara lain.

Rolan Simanjuntak, Kepala Unit Pelayanan Operasi Bandara STS Jambi mengatakan, lima pesawat yang gagal mendarat tersebut yakni satu milik maskapai Garuda, tiga Lion Air, dan satu NAM Air. Garuda dialihkan ke Batam.

Sedangkan empat penerbangan lainnya terpaksa berbalik arah ke Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta. Aktivitas penerbangan kembali normal pada pukul 10.20 WIB.

Nuraningsih, Kepala Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika STS Jambi mengatakan, jarak pandang di pagi hari sekira pukul 08.00 WIB hanya sekitar 1.600 meter. Pada pukul 09.00, jarak pandang meningkat menjadi 4.500 meter.  “Siang  hari  jarak pandang sudah  7000 meter,” jelasnya.

Kabut asap di Kota Jambi yang mengganggu aktivitas penerbangan itu disebabkan oleh kebakaran lahan yang semakin menjadi-jadi. BMKG menyebutkan, ada sebanyak 299 titik panas atau hotspot yang terdeteksi di seluruh Provinsi Jambi.

Kepala Seksi dan Informasi BMKG Jambi, Kurnia Ninggsih di Jambi, mengatakan hotspotpaling banyak terdeteksi di Kabupaten Muarojambi yakni 132 titik, disusul Kabupaten Tanjung Jabung Timur sebanyak 78 titik. Umumnya lahan dan hutan di dua daerah ini merupakan lahan gambut.

Di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, hotspot yang terdeteksi sebanyak 34 titik, Batanghari 14 titik, Sarolangun 12 titik, Tebo 11 titik, Merangin sembilan titik, Bungo tujuh titik, Kerinci satu titik, dan Kota Jambi satu titik.

Jumlah hotspot Kamis meningkat signifikan dari dua hari sebelumnya yang berjumlah 107 titik. Selain itu, katanya, jarak pandang juga semakin berkurang, yakni hanya 1.000 meter di wilayah Jambi pada pukul 06.39 WIB. Akibatnya, tak heran jika penerbangan tujuan Jambi sempat dialihkan ke Batam.(fth/azz/jpg)

loading...
Click to comment
To Top