Cara Mengeluarkan Jarong Black Opal dalam Satu Minggu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hiburan

Cara Mengeluarkan Jarong Black Opal dalam Satu Minggu

ADA Banyak cara atau treatmen yang telah dilakukan oleh para pengrajin batu akik untuk mengeluarkan jarong Black Opal. Ada yang berhasil ada juga yang tidak.

Satu cara yang belakangan ditemukan, dan katanya ampuh mengeluarkan jarong Black Opal dalam waktu satu minggu. Cukup singkat bukan. Perlu untuk dicoba cara ini.

Yaitu batu Black Opal atau sepa direndam dengan santan kelapa murni yang kental. Berikut caranya di bawah ini:

  1. Siapkan bahan Black Opal atau sepa BO yang terlihat ciri-cici atau tanda-tanda akan keluar jarongnya, Disarankan BO sudah digospol, atau bahan yang belum dibentuk dalam potong sebesar ibu jari, hal ini supaya mudah diserap oleh larutan.
  2. Siapkan beberapa buah kelapa (yang tua) disesuaikan dengan banyaknya bahan BO yang hendak dikeluarkan jarongnya.
  3. Kelapa tersebut diparut, kemudian dicampur dengan air secukupnya, dan diperas hingga keluar santannya.
  4. Santan yang keluar otomotas masih tercampur dengan air sehingga belum kental. Maka perlu untuk didiamkan sejenak di dalam wadah supaya santan kentalnya terpisah dengan air. Disarankan didiamkan selama 5 jam.
  5. Setelah 5 jam, akan terlihat di permukaan wadah santan yang kental sudah terpisah. Ambil santan tersebut dengan sendok, dan masukkan ke dalam toples yang ada penutupnya.
  6. Kemudian masukkan BO di dalam toples untuk direndam dengan santan tersebut. Jemur di panas matahari selama satu pekan. Coba lihat hasilnya, Insya Allah akan keluar jarong.

Treatmen ini adalah hasil rangkuman dari tulisan beberapa gemslover di blog dan situs-situs media sosial. Masu coba? Silahkan.

loading...
Click to comment
To Top