Dinsos Jamin AMF Bebas Anjal – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Dinsos Jamin AMF Bebas Anjal

FAJARONLINE,MAKASSAR — Menghadapi agenda Asean Mayor Forum pada bulan September mendatang, Dinas Sosial (Dinsos) kota Makassar menjamin jika kegiatan yang akan dihadiri sekitar 150 walikota se-indonesia serta pengusaha dari mancanegara ini bebas dari anak jalanan (Anjal) dan Pengemis.

“Insya Allah, kita jamin dalam mensukseskan agenda Asean for Mayor nanti, kita terus melakukan penertiban anak jalanan , pengemis dan anak terlantar,”ujar Kepala Dinas Sosial Makassar, Yunus Said.

Selain itu, Yunus mengatakan sekarang ini pola penertiban yang dilakukan oleh anggotanya lebih maksimal, yakni dengan membuat sistim dua sif (jadwal) terkait razia atau penertiban anjal, pengemis dan gepeng. Jadi, mulai saat ini Dinas Sosial yang bekerjasama dengan Satpol PP dan pihak Kepolisian dalam sebulan full bekerja keras melakukan razia setiap harinya distiap titik kumpulnya anjal dan pengemis.

“Dalam sebulan kita memang full melakukan razia, kita dibantu sama polisi dan Satpol PP, setelah kita jaring para tuna susila ini kita bawa kepanti sosial untuk dibina, dan ada juga dikembalikan ke orang tuanya seperti anjal,”jelasnya.

Adapun kendala yang biasa dihadapi oleh Dinsos Makassar saat melakukan penertiban, terkadang pengemis dan anjal bermain kucing-kucingan dengan petugas penertiban. Bahkan, ia mengaku tidak jarang anggota penertiban yang dibentuk mendapat perlakuan kasar yakni anjal yang dirazia beberapa pernah melakukan pembusuran kepada petugas penertiban ini,

“Biasa kodong anggotaku yang melakukan razia dibusur, seprti di Sungai saddang beberapa waktu lalu, itu saya tekankan nanti mereka levih savety pakai rompi tebal, kan bahaya kalau busur panah dinda, dan tahun ini kita berhasil menjaring 280 tuna sosial dikota Makassar,”ungkapnya.(ful)

Click to comment
To Top