DPRD Maros Minta Bosowa – Teh Gelas Bantu Petani – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

DPRD Maros Minta Bosowa – Teh Gelas Bantu Petani

FAJARONLINE, MAROS  — Menyikapi kondisi kekurangan air yang terjadi pada petani Maros, Ketua Komisi III DPRD Maros Akbar Endra meminta industri strategis yang ikut mengambil air di Bantimurung agar membantu petani.
“Tahun lalu kita sudah fasilitasi dengan pertemuan antara kelompok tani dan Semen Bosowa dan PT CS 2, produsen teh gelas. Solusinya, perusahaan itu harus membantu petani memperoleh air, utamanya dimasa-masa sulit seperti ini,” urainya.
PT Semen Bosowa dan PT CS 2 adalah dua perusahaan yang menggunakan air permukaan di Bantimurung.  Kini disaat debit air berkurang dari 5000 liter per detik menjadi hanya 200 liter per detik, air menjadi ‘rebutan’, sehingga kedua perusahaan itu dituntut mencari sumber air sendiri.
“Itu hasil kesepakatan kita tahun lalu, solusi jangka panjangnya, PT Semen Bosowa mengebor air agar tidak mengambil air permukaan. Hingga kini belum terwujud,” imbuh ketua Asosiasi Pemerintahan Desa (Apdesi) Maros, Abdul Asiz.
Akbar Endra menambahkan, sebenarnya debit air Bantimurung diwaktu normal sebenarnya cukup untuk memenuhi kebutuhan. Meliputi air minum, pertanian dan industri. Namun dimusim kemarau memang tidak lagi cukup. “Kami juga menawarkan solusi, bendungan Lekopancing diambil alih Maros,” katanya.
Politikus Demokrat itu menyebut, masalah kekurangan air bisa teratasi jika Maros bisa merebut mata air yang kini dikuasai PDAM Makassar. “Sumber air di Maros ini melimpah, tapi petani kita tetap kekeringan,” kritiknya. (ris/wik)
Click to comment
To Top