Forum Komunikasi Pencegahan Terorisme di Setiap Provinsi akan Dibentuk – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Forum Komunikasi Pencegahan Terorisme di Setiap Provinsi akan Dibentuk

FAJARONLINE, JAKARTA – Pembentukan Forum Komunikasi Pencegahan Terorisme (FKPT) di setiap provinsi dinilai efektif membendung dan mencegah penyebaran paham radikalisme dan kemungkinan terjadinya tindakan terorisme.

“Karena sepengetahuan saya para pelaku teror ini juga sering berpindah-pindah dari suatu daerah ke daerah lain,” ujar Wakil Sekjen domisioner PBNU Adnan Anwar dalam keterangannya Jumat (21/8).

FKPT yang sudah ada di 28 provinsi di Indonesia dan akan dibentuk di lima provinsi lagi  sebagai upaya nyata Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dalam pencegahan terorisme di Indonesia.

“Saya berharap, para pengurus FKPT ini dapat segera berperan aktif dalam upaya melakukan pencegahan paham radikalisme yang mengarah kepada terorisme kepada masyarakat setempat,” ungkapnya.

Pendapat senada disampaikan pengamat Intelijen Dr Wawan Hari Purwanto. Menurutnya, FKPT sangat efektif dan bagus untuk lebih dekat dengan masyarakat. Karena BNPT bisa menjadikan FKPT sebagai kepanjangan tangan dalam mensosialisasikan program penanggulangan dan pencegahan terorisme sampai ke daerah-daerah.

“Bahkan kalau bisa tidak hanya di tingkat provinsi, tetapi juga di tingkat dua, kecamatan, sampai ke tingkat desa,” tandasnya.

FKPT Bengkulu menjadi provinsi terakhir yang dikukuhkan Kepala BNPT Drs. Saud Usman Nasution. Setelah FKPT Bengkulu, rencananya BNPT akan segera mengukuhkan FKPT Gorontalo, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Kalimantan Utara, dan Bangka Belitung. Selain pengukuhan FKPT Bengkulu, juga digelar “Dialog Pencegahan Paham ISIS” dengan menghadirkan narasumber mantan Wakil Menteri Agama Republik Indonesia Prof Dr Nasaruddin Umar dan pengamat dan mantan pelaku teroris Nasir Abbas.(zul/rmol)

Click to comment
To Top