Jamaah Haji Belum Miliki Visa, Menag Dituding Lakukan Pembohongan Publik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Jamaah Haji Belum Miliki Visa, Menag Dituding Lakukan Pembohongan Publik

JAKARTA – Sungguh ironis pelaksanaan penyelenggaraan haji di Indonesia. Bayangkan, hari ini para jemaah haji sudah diberangkatkan, tetapi masih ada yang belum mengantongi visa. Hal ini memicu reaksi keras Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Sodik Munjahid.

Sodik menuding Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin, melakukan pembohongan publik terkait kesiapan penyelenggaraan ibadah haji.

Menurutnya, Komisi VIII merasa kecewa menyaksikan persiapan pemberangkatan calon jamaah haji. Kekecewaan itu terutama disampaikan kepada Menteri Agama yang sejak dua minggu lalu menyatakan bahwa persiapan haji sudah 90 persen.

“Faktanya, sampai hari ini masih banyak jamaah haji kloter pertama yang belum memiliki visa, padahal mereka sudah harus berangkat hari ini,” kata Sodik di gedung DPR Jakarta, Jumat (21/8).

Menurut politikus Gerindra itu, hal ini bukan mengada-ada apalagi cerita fiksi. Karena fakta yang ditemukan tim Komisi VIII saat kemarin siang berangkat melaksanakan tugas pemantauan dan pengawasan  di berbagai embarkasi, menemukan masalah visa jeamaah.

“Dengan kondisi faktual persiapan haji yang berbeda signifikan dengan pernyataan menteri agama, maka Komisi VIII menilai Menteri Agama telah melakukan kebohongan publik,” tegasnya.

Menag, lanjut Sodik, terlalu tergesa gesa, tidak menerima penjelasan utuh  atau tidak menyediakan waktu melakukan verifikasi terhadap laporan para stafnya terutama staf di berbagai daerah dan embarkasi pemberangkatan. (fat/jpnn)

Click to comment
To Top