Musim Kemarau, Kawasan Gunung Rawan Terbakar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Musim Kemarau, Kawasan Gunung Rawan Terbakar

UNGARAN, RAJA – Kawasan Gunung Ungaran rawan terjadi kebakaran di puncak karena musim kemarau yang lama menjadikan rumput rumput di sekitaran kawasan gunung menjadi kering.

Ketua Sakapala Arun mengatakan, kemungkinan terjadinya kebakaran ada sisa sisa api, yang disebabkan bisa dari putung rokok yang belum sepenuhnya dimatikan, apalagi rumput sekitar kawasan gunung banyak yang kering sehingga akan mudah terbakar.

Menurutnya, beberapa hari sebelumnya memang ada kebakaran di kawasan gunung, tapi wilayah kecil dan sudah dapat dipadam. Lemungkinan juga bisa dikarenakan sisa kebakaran itu yang belum padam sempurna, sehingga tertiup angin dan merambah ke wilayah yang lebih luas, ujarnya.

Api baru dapat dipadam pada Rabu petang dan masih dalam status siaga pengawasan dari team Sakapala dan Relawan.

Kurang lebihnya ada sekitar 10 hektar kawasan Gunung Ungaran yang dilalap si jago merah kemarin. Ada 35 anggota Sakapala, relawan dan beberapa warga Promasan melakukan eksekusi pemadaman.

Arun mengimbau, agar para pendaki memahami tentang perapian khususnya dalam hal pendakian, agar kerja kejadian serupa tak terulang kembali.

“Untuk meminalisir kejadian yang tidak diinginkan, maka kami memberlakukan beberapa aturan seperti tidak mendirikan tenda di sekitar jalur pendakian dan puncak tugu, sebelum membuang puntung rokok pastikan apinya sudah dimatikan, dan sampah dibawa turun kembali,” harapnya. (*)

To Top