Paguyuban Pasundan Sebut JK Tepat Selesaikan Krisis Ekonomi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Paguyuban Pasundan Sebut JK Tepat Selesaikan Krisis Ekonomi

BANDUNG- Komunitas suku Sunda yang tergabung dalam Paguyuban Pasundan meminta Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla segera mengambil posisi strategis menyelesaikan pelemahan ekonomi nasional saat ini. Sosok JK dinilai sebagai tokoh yang tepat untuk menjawab persoalan bangsa saat ini.

Pengalaman JK sebagai wapres saat mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono dimana pertumbuhan ekonomi stabil bahkan meningkat dianggap sebagai bukti, jika JK maksimal dan diberikan ruang yang besar, maka ekonomi nasional akan kuat. Posisi Indonesia yang terkena dampak ekonomi global yang merosot dengan nilai tukar rupiah yang terus anjlok diharapkan agar segera ditangani.

“Di tengah-tengah kita ada pak Jusuf Kalla. Kita tahu kapasitas beliau. Sebagai wapres dua kali. Kami yakin pak Jusuf Kalla bisa mengatasi masalah bangsa ini,” kata Ketua Dewan Pertimbangan Paguyuban Pasundan, Ginanjar Kartasasmita pada pembukaan Kongres Paguyuban Pasundan ke-42 di Gedung Merdeka Bandung, Jumat 21 Agustus.

Ginanjar mengatakan, kondisi saat ini sangat memprihatinka. Di Bandung saja kata dia, dalam sebulan terjadi ribuan PHK. Kondisi ini dinilai akan semakin parah jika tidak segera ada tindakan yang mampu mengatasi masalah. Ginanjar menyebut, revolusi butuh gerkak cepat. Jika pergerakan lambat dan bertahap, maka kata Ginanjar itu adalah evolusi.

“Karena itulah, warga Pasundan menitip amanah ini di pundak pak Jusuf Kalla,” ucap Ginanjar yang kemudian mengenakan JK batik khas Pasundan sebagai tanda JK menjadi bagian dari Paguyuban Pasundan sebagai anggota kehormatan.

Sementara itu, JK mengatakan persoalan dunia saat ini akibat adanya pengaruh kebijakan dalam negeri masing-masing negara. Negara-negara di Eropa kata JK terlalu tinggi biaya sosialnya. Kemudian di Cina terlalu tinggi produktifitas yang kemudian dijual dengan harga murah. Ini menurutnya berdampak pada kelesuan ekonomi dunia karena tingginya subsidi. Indonesia kata dia kemudian mau tidak mau terkena dampaknya.

Menurut JK, yang menjadi tantangan saat ini adalah pada sektor industri dan pangan. Hal ini kata dia, menjadi kunci menjaga stabilitas ekonomi nasional. “Jawa Barat ini kita harus hormati. Jawa Barat masih memegang peranan besar dalam pasokan pangan. Kalau tidak ada Jawa Barat bisa kelaparan kita semua ini,” ujarnya.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heriawan mengatakan, Paguyuban Pasundan telah memberikan banyak kontribusi untuk negeri ini. Namun, kata dia, warga Pasundan akan terus berada di depan untuk Jawa Barat dan Indonesia. ” Mari kita bangun Jawa Barat, mari kita bangun Indonesia,” sebutnya. (arm)

loading...
Click to comment
To Top