Respon Cepat Irma Suryani Tuntaskan Konflik Buruh dengan PT. BTS Indonesia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Respon Cepat Irma Suryani Tuntaskan Konflik Buruh dengan PT. BTS Indonesia

JAKARTA – Anggota DPR RI Komisi IX Irma Suryani Chaniago melakukan sidak ke PT. Best Trim Suplier (BTS) Indonesia di Kawasan Berikat Nusantara (KBN) di Cakung, Jakarta, Kamis (20/8) petang. Kehadiran politisi NasDem itu guna menindaklanjuti laporan dari serikat buruh PT. BTS Indonesia terkait tindakan manajemen yang belum membayar THR kepada 97 pekerja,  hingga membayar upah buruh dibawah upah minimum regional (UMR).

Irma menjelaskan bahwa kunjungannya dilakukan untuk memfasilitasi pertemuan antara pekerja yang tengah melakukan mogok kerja dengan pihak perusahaan.

“Setelah menggelar pertemuan dengan Dirut PT. BTS Indonesia, alhamdulilah tercapai kesepakatan bahwa perusahaan akan memenuhi segala tuntutan kawan-kawan buruh dan kawan-kawan buruh juga wajib bekerja sesuai target produksi agar perusahaan tetap bisa beroperasi dan membayar kewajibannya sesuai kesepakatan. Jadi, jadi besok kawan-kawan buruh harus kembali bekerja seperti biasa ya,” ungkapnya di depan 800 pekerja yg masih berkumpul menunggu hasil kesepakatan didepan kantor PT. BTS.

Dalam pertemuan antara Federasi Serikat Pekerja FSBI PUK PT. BTS, Dirut PT. BTS, Hee Dae Yoo, serta Anggota DPR Komisi IX ini dihasilkan beberapa keputusan yang ditandatangani para pihak diantaranya bahwa perusahaan asal Korea ini bersedia untuk membayar upah buruh sesuai UMR, membayarkan THR kepada 97 orang, melaksanakan ketentuan UU terhadap posisi buruh dari PKWTT menjadi PKWT dan para pekerja wajib mendukung penuh pencapaian target produksi yang diminta perusahaan.

Lebih lanjut, politisi asal Sumatera Selatan ini menambahkan ketika terjadi hal seperti ini, yang harus dikedepankan adalah musyawarah mufakat demi kebaikan bersama. “Persoalan ini harus didudukan bersama antara perusahaan dan buruh karena keduanya adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan. Sehingga tidak boleh ada menang-menangan,” tegasnya.

Wakil Ketua Fraksi NasDem ini juga mengapresiasi sikap perusahaan yang bersedia berdialog dan memenuhi tuntutan buruh serta berharap, kasus tersebut bisa menjadi contoh bagi manajemen perusahaan lain didalam menyelesaikan permasalahan ketenagakerjaan di perusahaan. “Para pemangku kepentingan duduk bersama untuk mencari solusi merupakan langkah bagus yang seharusnya dicontoh perusahaan-perusahaan lain yang punya masalah dengan buru-buruhnya,” tutup politisi NasDem ini.

Sementara itu, Ketua Serikat Buruh PT. BTS Endang S yang mewakili buruh mengapresiasi langkah legislator Nasdem ini dalam merespon permasalahan buruh serta menghimbau rekan-rekannya untuk membubarkan diri secara tertib dan bekerja kembali keesokan harinya “Kami berterimakasih atas respon cepat Ibu Irma Suryani dalam menyelesaikan persoalan ini. Dan kami juga berharap pihak perusahaan konsisten melaksanakan setiap butir keputusan yang ada,” ujarnya.

Usai mendapat penjelasan dari wakil rakyat tersebut, para buruh pun membubarkan diri dengan tertib. Sebelumnya, sekitar 800 buruh PT BSI berdemo di depan kantor PT BSI. Selama 2 hari berturut turut. Tetapi Alhamdulilah berkat Fasilitasi yg baik kedua belah fihak dapat bersepakat. (hrm)

loading...
Click to comment
To Top