Ribuan Rumah Dapat Bantuan Listrik dari Kemenkop UKM – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Ribuan Rumah Dapat Bantuan Listrik dari Kemenkop UKM

FAJARONLINE, JAKARTA – Kementerian Koperasi dan UKM memfasilitasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di daerah-daerah terisolir dan tertinggal. Pembangunan pembangkit listrik yang bertumpu pada tenaga air ini bertujuan mendukung pertumbuhan ekonomi pedesaan melalui koperasi, serta mendorong pemanfaatan sumber daya energi terbarukan dengan cara pemanfaatan potensi sumber daya air untuk menghasilkan energi listrik.

Tersedianya energi listrik yang cukup di pedesaan membuka peluang tumbuhnya industri-industri kecil dan wirausaha yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Ada satu daerah di Belu, dulunya jalan jelek tapi karena sudah ada listrik ekonomi masyarakat berkembang. Jalan-jalannya sekarang sudah bagus, rumah-rumahnya banyak yang tembok,” kata Kabid Kelistrikan Kemenkop UKM Eko Adi Priyono kepada wartawan, Jumat malam (21/8).

Dia menambahkan, kegiatan usaha ekonomi koperasi yang berdampak dari PLTMH antara lain
pengelolaan kopi, rotan, usaha bordir, usaha jajanan, foto copy, warung, bengkel dan lainnya.

“Dengan demikian, dengan adanya PLTMH dapat meningkatkan efisiensi biaya energi serta meningkatkan daya saing produk dan jasa dalam usaha masyarakat sekitar,” kata Eko.

Sampai tahun 2014 kemarin, Kemenkop UKM telah memfasilitasi 34 unit koperasi untuk mengelola PLTMH. Pembangkit listik ini sendiri telah tersebar di 35 kabupaten pada 17 provinsi. Dari itu, PLTMH mampu menghasilkan 1.538 kilowatt daya listrik dan telah menerangi 5.492 rumah. [wah] 

loading...
Click to comment
To Top