Warga Desa Ini Turun Termurun Buat Perahu Phinisi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Warga Desa Ini Turun Termurun Buat Perahu Phinisi

FAJARONLINE, BULUKUMBA—Membuat lopi phinisi merupakan tradisi yang masih dilestarikan kabupaten Bulukumba khususnya oleh warga Desa Ara Kecamatan Bontobahari. Profesi warga Desa Ara yang mayoritas bekerja sebagai pembuat perahu.

Kepala Desa Ara, Muliadi Salam, mengungkapkan, salah satu faktor yang menjadi alasan warga masih menjadi pembuat perahu karena kondisi alam di Desa Ara yang tidak mendukung. Bisa dikatakan di desa itu tidak banyak tanah yang subur yang bisa digunakan sebagai lahan pertanian.

Dia menjelaskan, sebanyak 95 persen warga Desa Ara berprofesi sebagai pembuat perahu. Meski demikian, warganya bekerja di luar desa seperti di Desa Bira Kecamatan Bontobahari. “Mereka membuat perahu kemudian menerima upah dari pemilik perahu,” kata dia.

Dia mengungkapkan, hanya sebagian kecil warganya yang berprofesi sebagai pegawai negeri dan pedagang dan pengusaha. Menurutnya, hanya 0,5 persen warganya yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Salah seorang warga Desa Ara, Akhmad Sulfiadi membenarkan bahwa di desanya sebagian besar warga berprofesi sebagai pembuat perahu phinisi. “Tidak banyak warga yang menjadi petani, dulu di sini banyak warga yang menanam jagung, tapi sekarang itu sudah berkurang sehingga warga lebih memilih menjadi pembuat perahu dan menjadi pedagang,” kata dia. (taq/aci)

Click to comment
To Top