Manfaat Serat Buat Tubuh – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Interest

Manfaat Serat Buat Tubuh

FAJARONLINE, LONDON– Serat selama ini sudah dikenal memiliki manfaat bagi kesehatan. Salah satunya ialah mampu menurunkan berat badan. Menurut penelitian terbaru, orang yang rutin mengonsumi serat 30 gram sehari bisa menurunkan berat badan lebih efektif.

“Ini disebut permissive dietary plan, yang berfokus pada apa yang dapat Anda makan (makanan tinggi serat) versus apa yang Anda tidak bisa makan. Pendekatan ini memberikan efek positif pada penurunan berat badan dengan mengurangi lemak jenuh,” kata pemimpin peneliti, Dr. Yunsheng Ma, seperti dilansir laman Yahoo Health, Rabu (11/3).

Saat ini, sekitar 25 persen orang dewasa di seluruh dunia mengalami sindrom metabolic. Sindrom itu mencakup gejala seperti pinggang yang besar, tekanan darah tinggi, gula darah tinggi serta rendahnya tingkat kolesterol HDL.

Asosiasi Jantung Amerika Serikat merekomendasikan, orang dewasa haru mengonsumsi 25-30 gram serat setiap hari. Untuk studi baru, Ma dan co-authors membagi 240 orang dewasa obesitas dengan sindrom metabolik menjadi dua kelompok. Satu kelompok mengikuti American Heart Association (AHA) diet. Sementara, lainnya mengonsumsi setidaknya 30 gram serat per hari. Setelah setahun, orang-orang di kedua kelompok telah kehilangan berat badan.

Namun kelompok yang mengonsumsi serat telah kehilangan berat badan rata-rata sekitar delapan kilogram dibandingkan. Itu jika dibandingkan dengan kelompok diet AHA yang hanya mengalami penurunan berat badan sekitar enam kilogram. (fny/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top